PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DENGAN MEDIA KARTUN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMAHAMI WATAK TOKOH DALAM DONGENG SISWA KELAS IV SDN TELUKAN 02 SUKOHARJO


Lukit Adi Syam Ari, 1401413278 (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DENGAN MEDIA KARTUN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMAHAMI WATAK TOKOH DALAM DONGENG SISWA KELAS IV SDN TELUKAN 02 SUKOHARJO. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DENGAN MEDIA KARTUN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMAHAMI WATAK TOKOH DALAM DONGENG SISWA KELAS IV SDN TELUKAN 02 SUKOHARJO] PDF (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DENGAN MEDIA KARTUN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMAHAMI WATAK TOKOH DALAM DONGENG SISWA KELAS IV SDN TELUKAN 02 SUKOHARJO) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (12MB) | Request a copy

Abstract

Berdasar hasil observasi, ditemukan data di lapangan bahwa media pembelajaran untuk muatan bahasa Indonesia materi pokok pikiran bacaan belum tersedia. Pembelajaran dengan materi tersebut dilaksanakan secara konvensional sehingga sebagian siswa masih kesulitan dalam menemukan dan menganalisis pokok pikiran teks bacaan. Oleh karena itu, diperlukan pengembangan media wayang kartun yang mendukung dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas IV SDN Telukan 02 Sukoharjo. Penelitian ini bertujuan; (1) mengembangkan desain media wayang kartun; (2) menguji kelayakan media wayang kartun; (3) menguji keefektifan media wayang kartun. Jenis penelitian adalah Research and Development (R&D) dengan langkah potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk, dan produk akhir. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas IV SDN Telukan 02. Sampel dipilih menggunakan teknik sempel jenuh sehingga keseluruhan populasi dijadikan sempel. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, wawancara, angket dan dokumen. Teknik analisis data menggunakan analisis data produk, analisis data awal/uji persyarat, uji t, gain, serta analisis data deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah melalui proses validasi produk oleh ahli materi diperoleh nilai 75% dengan kategori layak dan oleh ahli media diperoleh nilai 93% dengan kategori sangat layak. Keefektifan media diuji dengan perhitungan hasil nilai pretest dan postest menggunakan uji t berpasangan diperoleh t_hitung = -9,468 >t_tabel = -2,055. Karena t_hitung > t_tabel maka H0 ditolak atau Ha diterima. Keefektifan hasil belajar ditunjang dengan peningkatan pemahaman siswa untuk menentukan watak tokoh dalam dongeng. Simpulan penelitian ini adalah media kartun layak dan efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan siswa memahami watak tokoh dalam dongeng. Kata kunci: media pembelaran, watak tokoh, kartun

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: media pembelaran, watak tokoh, kartun
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 21 Sep 2021 02:15
Last Modified: 21 Sep 2021 02:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46619

Actions (login required)

View Item View Item