HUBUNGAN MINAT BACA DAN KEBIASAAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS V SDN SEGUGUS JENDRAL SUDIRMAN KABUPATEN BATANG
Lingga Akhbar Hidayat, 1401413094 (2020) HUBUNGAN MINAT BACA DAN KEBIASAAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS V SDN SEGUGUS JENDRAL SUDIRMAN KABUPATEN BATANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF (HUBUNGAN MINAT BACA DAN KEBIASAAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS V SDN SEGUGUS JENDRAL SUDIRMAN KABUPATEN BATANG)
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
|
PDF
Download (5MB) |
Abstract
Jenjang pendidikan dasar berorientasi masa depan. Hal ini bukanlah pekerjaan mudah, melainkan membutuhkan waktu yang relatif panjang. Sekolah mempunyai tugas mengoptimalkan kemampuan siswa secara teoritis maupun praktis agar mereka dapat terjun di era globalisasi dengan memanfaatkan kemampuan dan ketrampilan yang dimiliki sebagai hasil pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan minat baca dan kebiasaan belajar dengan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Gugus Jendral Sudirman Kabupaten Batang. Penelitian ini menggunakan metode korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Terdapat dua variabel bebas yaitu minat baca dan kebiasaan belajar siswa, serta variabel terikat yaitu hasil belajar. Sampel pada penelitian ini menggunakan teknik propotional random sampling dengan jumlah sampel 112 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan angket, tes hasil belajar dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan statsistik deskriptif, analisis korelasi, dan analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) minat baca dengan presentase sebesar 49% memperoleh skor rata-rata 68,87 berada dalam kategori sangat baik; (2) kebiasaan belajar siswa dengan presentase sebesar 46% memperoleh skor ratarata 76,13 berada dalam kategori baik; (3) hasil belajar dengan presentase sebesar 71% memperoleh skor rata-rata 59,79 berada dalam kategori baik; (4) hasil penelitian menunjukkan besarnya hubungan minat baca dengan hasil belajar IPS sebesar 41,3% dengan nilai rhitung sebesar 0,643 dan nilai signifikansi 0,05; (5) hasil penelitian menunjukkan besarnya hubungan kebiasaan belajar siswa dengan hasil belajar IPS sebesar 44,9% dengan nilai rhitung sebesar 0,670 dan nilai signifikansi 0,05; dan (6) hasil penelitian menunjukkan besarnya hubungan minat baca dan kebiasaan belajar siswa dengan hasil belajar IPS sebesar 52,5% dengan nilai rhitung sebesar 0,724 dan nilai signifikansi 0,05. Simpulan peneitian ini menunjukkan adanya hubungan yang positif antara minat baca dan kebiasaan belajar dengan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Gugus Jendral Sudirman Kabupaten Batang. Saran bagi orang tua agar lebih memberikan bimbingan dan perhatian kepada siswa terhadap kegiatan belajar agar siswa mendapatkan hasil belajar yang optimal. Kata kunci: minat baca; kebiasaan belajar; dan hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: minat baca; kebiasaan belajar; dan hasil belajar. |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | S.Hum Maria Ayu |
Date Deposited: | 21 Sep 2021 01:47 |
Last Modified: | 21 Sep 2021 01:47 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46616 |
Actions (login required)
View Item |