GELANGGANG OLAHRAGA RENANG DI KOTA SEMARANG DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR KONTEKSTUAL


Arini Kurnia Wijayanti, 5112416033 (2020) GELANGGANG OLAHRAGA RENANG DI KOTA SEMARANG DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR KONTEKSTUAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of GELANGGANG OLAHRAGA RENANG DI KOTA SEMARANG DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR KONTEKSTUAL] PDF (GELANGGANG OLAHRAGA RENANG DI KOTA SEMARANG DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR KONTEKSTUAL) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Gelanggang Olahraga Renang merupakan sebuah ruang atau fasilitas yang diciptakan untuk mewadahi kegiatan renang yaitu suatu kegiatan yang melakukan Gerakan (mengapung, menyelam) di air menggunakan kaki dan tangan dan seringkali tidak memerlukan perlengkapan buatan. Gelanggang Olahraga Renang ini bertujuan untuk mengatasi minimnya fasilitas olahraga renang berstandar internasional sebagai wadah pengembangan olahraga renang secara maksimal sehingga para atlet dapat mengembangkan kemampuan fisik dan mentalnya serta sebagai sebuah wadah yang dapat menampung pertandingan olahraga renang bertaraf internasional. Perancangan fasilitas ini dapat menjadi magnet dan pusat pengembangan olahraga renang, selain itu juga mempengaruhi percepatan pembangunan daerah dengan diwujudkannya sebuah fasilitas yang dapat memberikan nilai lebih bagi kota Semarang, ibu kota Jawa Tengah. Sarana olahraga ini nantinya akan dirancang sesuai dengan keadaan lingkungan sekitar, agar selaras dan menambah karakteristik kawasan dimana gelanggang olahraga renang tersebut dibangun. Hal tersebut sesuai dengan konsep arsitektur kontekstual. Gelanggang Olahraga Renang ini dirancang untuk dapat menampung fungsi pendidikan dan pelatihan, fungsi kompetisi dan fungsi rekreasi. Jenis olahraga akuatik yang difasilitasi adalah semua jenis kegiatan renang yang bersifat indoor seperti renang, loncat indah, dan polo air. Konsep arsitektur kontekstual digunakan untuk menciptakan rancangan bangunan Gelanggang Olahraga Renang dan aspek-aspeknya, pendekatan ini mempertimbangkan karakteristik setempat dimana Gelanggang Olahraga Renang akan didirikan sehingga hasil rancangan dapat berkesinambungan dengan kondisi eksisting.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Gelanggang, Olahraga Renang, Arsitektur Kontekstual, Kota Semarang.
Subjects: N Fine Arts > NA Architecture
T Technology > TH Building construction
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Arsitektur, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 21 Sep 2021 01:29
Last Modified: 21 Sep 2021 01:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46614

Actions (login required)

View Item View Item