MOTIVASI SISWA KELAS X BB SMA NEGERI 1 GETASAN DALAM MENULIS BERBAHASA PRANCIS MENGGUNAKAN METODE ESTAFET WRITING


Rahmadika Fitriana Putri, 2301415035 (2020) MOTIVASI SISWA KELAS X BB SMA NEGERI 1 GETASAN DALAM MENULIS BERBAHASA PRANCIS MENGGUNAKAN METODE ESTAFET WRITING. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of MOTIVASI SISWA KELAS X BB SMA NEGERI 1 GETASAN DALAM MENULIS BERBAHASA PRANCIS MENGGUNAKAN METODE ESTAFET WRITING] PDF (MOTIVASI SISWA KELAS X BB SMA NEGERI 1 GETASAN DALAM MENULIS BERBAHASA PRANCIS MENGGUNAKAN METODE ESTAFET WRITING)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Metode estafet writing merupakan salah satu metode active learning yang dapat dimanfaatkan untuk menggugah ide serta antusiasme terhadap mata pelajaran bahasa Prancis utamanya dalam keterampilan menulis kepada siswa pada tingkat pemula. Metode estafet writing diharapkan dapat memotivasi siswa dalam menulis berbahasa Prancis. Persepsi bahwa bahasa Prancis sulit dipelajari membuat siswa tidak termotivasi, kurang semangat, konsentrasi menurun, dan merasa bosan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui motivasi siswa kelas X BB SMA Negeri 1 Getasan dalam menulis berbahasa Prancis menggunakan metode estafet writing. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian eksperimen dengan pendekatan one-shot model. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan angket. Berdasarkan pada hasil penelitian, perhitungan jumlah skor total dari seluruh responden adalah 815. Berdasarkan tabel kategorisasi motivasi secara global, angka tersebut menunjukkan kategori tinggi. Adapun berdasarkan kategorisasi motivasi tiap individu, yaitu 7,1% siswa termasuk ke dalam kategori cukup, 89,3% siswa termasuk ke dalam kategori tinggi, dan 3,6% siswa termasuk ke dalam kategori sangat tinggi. Data tersebut menunjukkan 92,9% siswa termasuk dalam kategori motivasi ≥”Tinggi” dan dapat dinyatakan bahwa metode estafet writing untuk memotivasi dalam menulis berbahasa Prancis siswa kelas X BB SMA Negeri 1 Getasan, dinyatakan dapat memotivasi siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan menulis, metode estafet writing, motivasi
Subjects: P Language and Literature > PDA French Languages
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Prancis (S1)
Depositing User: aris setiono perpustakaan
Date Deposited: 21 Sep 2021 01:19
Last Modified: 21 Sep 2021 01:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46608

Actions (login required)

View Item View Item