PENGGUNAAN METODE SOLFEGIO DALAM PEMBELAJARAN EKSTRAKURIKULER PADUAN SUARA DI SMA NEGERI 5 PURWOKERTO


Nurul Aulia Dewi Arifin, 2501416018 (2020) PENGGUNAAN METODE SOLFEGIO DALAM PEMBELAJARAN EKSTRAKURIKULER PADUAN SUARA DI SMA NEGERI 5 PURWOKERTO. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGGUNAAN METODE SOLFEGIO DALAM PEMBELAJARAN EKSTRAKURIKULER PADUAN SUARA DI SMA NEGERI 5 PURWOKERTO] PDF (PENGGUNAAN METODE SOLFEGIO DALAM PEMBELAJARAN EKSTRAKURIKULER PADUAN SUARA DI SMA NEGERI 5 PURWOKERTO)
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Ekstrakurikuler paduan suara di SMA Negeri 5 Purwokerto merupakan salah satu kegiatan ekstrakurikuler yang memiliki prestasi terbaik karena di dalam pembelajarannya pelatih menerapkan metode solfegio yang dianggap efektif. Fokus permasalahan penelitian ini adalah penerapan metode solfegio yang digunakan dalam pembelajaran ekstrakurikuler paduan suara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, mendeskripsikan, dan menganalisis proses pembelajaran ekstrakurikuler paduan suara dengan metode solfegio pada ekstrakurikuler paduan suara di SMA Negeri 5 Purwokerto serta faktor-faktor yang mempengaruhinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Triangulasi dilakukan untuk menguji keabsahan data yang diperoleh sebelum dianalisis dengan menggunakan tahapan pengumpulan data, penyajian data, reduksi data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan proses pembelajaran paduan suara dengan metode solfegio pada ekstrakurikuler paduan suara di SMA Negeri 5 Purwokerto dilaksanakan dengan 3 tahap pembelajaran, yaitu: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan yang meliputi pendahuluan, kegiatan inti yang meliputi kegiatan kemampuan mendengar nada, kemampuan membaca nada, kemampuan menyanyi, dan penutup, (3) Evaluasi. Faktor yang mempengaruhi pembelajaran ekstrakurikuler paduan suara di SMA Negeri 5 Purwokerto terdiri dari faktor internal yang meliputi faktor pendukung dan penghambat, lalu faktor eksternal yang juga meliputi faktor pendukung dan penghambat. Pelatih dapat mengadakan pelatihan khusus dalam membaca notasi musik untuk setiap tutor kelompok suara, sehingga pelatih terbantu dalam pelaksanaan pembelajaran. Serta pelatih dapat memberikan saksi tegas kepada siswa yang kurang disiplin dalam mengikuti proses kegiatan ekstrakurikuler paduan suara.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Ekstrakurikuler, Paduan Suara, Metode Solfegio.
Subjects: L Education > Special Education > Music Education
M Music and Books on Music > M Music
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik)
Depositing User: aris setiono perpustakaan
Date Deposited: 21 Sep 2021 01:14
Last Modified: 21 Sep 2021 01:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46606

Actions (login required)

View Item View Item