RANCANG BANGUN ALAT PEMBERI MAKANAN BUATAN BERUPA PELET PADA IKAN SECARA OTOMATIS BERBASIS PROGRAMMABLE LOGIC CONTROLLER (PLC)


Rizqi Fauzi, 5301413012 (2020) RANCANG BANGUN ALAT PEMBERI MAKANAN BUATAN BERUPA PELET PADA IKAN SECARA OTOMATIS BERBASIS PROGRAMMABLE LOGIC CONTROLLER (PLC). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of RANCANG BANGUN ALAT PEMBERI MAKANAN BUATAN BERUPA PELET PADA IKAN SECARA OTOMATIS BERBASIS PROGRAMMABLE LOGIC CONTROLLER (PLC)] PDF (RANCANG BANGUN ALAT PEMBERI MAKANAN BUATAN BERUPA PELET PADA IKAN SECARA OTOMATIS BERBASIS PROGRAMMABLE LOGIC CONTROLLER (PLC)) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Salah satu faktor yang menentukan keberhasilan dalam kolam pembesaran ikan adalah pemberian dan pengontrolan makanan buatan berupa pelet pada ikan. Makanan buatan berupa pelet diberikan 3-4 kali dalam sehari dengan selang waktu 4 jam, dengan cara menebarkannya di permukaan air pada tempat dan waktu yang sama setiap hari dengan takaran yang sama sesuai kebutuhan ikan. Masih banyaknya para peternak ikan yang menggunakan cara manual dalam proses pemberian makanan pada ikan memiliki kekurangan yaitu waktu pemberian makanan tidak sama, jumlah makanan tidak sesuai dengan takaran, tenaga yang dikeluarkan untuk memberi makan, hingga biaya yang dikeluarkan untuk membayar pegawai pemberi makan ikan. Tujuan penelitian ini adalah membuat alat pemberi makanan buatan berupa pelet yang praktis dan bekerja secara otomatis berbasis PLC dengan tipe CP1E E20SDR A sebagai alat pengendalinya. Penelitian ini menggunakan metode R&D yaitu metode yang bertujuan mengembangkan suatu produk baru atau menyempurnakan produk yang telah ada, yang dapat dipertanggungjawabkan. Penelitian dimulai dari pembuatan alat, rangkaian pengawatan instalasi, pelaksanaan instalasi, pengawatan panel kontrol, pelaksanan panel kontrol, dan pembuatan leader diagram. Pengujian alat meliputi uji program, uji takaran makanan ikan, dan uji komponen. Berdasarkan hasil pengujian dapat disimpulkan bahwa alat pemberi makanan buatan berupa pelet pada ikan secara otomatis berbasis PLC dapat beroperasi dengan baik dan sesuai rancangan. Makanan ikan berupa pelet dapat keluar secara otomatis dengan takaran yang sama sesuai takaran yang dipilih dengan jarak waktu pemberian yang sama setiap hari selama enam hari. Hasil pengujian program selama satu hari terdapat selisih 2,17 detik, sedangkan hasil pengujian program selama enam hari terdapat selisih 2,02 detik dari total waktu pada program PLC. Daya yang dihasilkan dari alat pemberi makanan buatan berupa pelet pada ikan secara otomatis berbasis PLC juga tidak terlalu besar yaitu 41,8 watt. Rekomendasi untuk penelitian selanjutnya agar menggunakan PLC yang memiliki input/output lebih banyak sehingga pemilihan takaran makanan ikan berupa pelet lebih banyak.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Makanan Ikan, PLC, Pelet Ikan, Peternak Ikan
Subjects: L Education > Special Education > Electrical engineering education
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 21 Sep 2021 01:04
Last Modified: 21 Sep 2021 01:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46603

Actions (login required)

View Item View Item