KREASI ILUSTRASI BUKU ANAK CINDELARAS DALAM BENTUK KOMIK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MORAL BAGI ANAK


Kemala Pintaka Wardani, 2411413005 (2020) KREASI ILUSTRASI BUKU ANAK CINDELARAS DALAM BENTUK KOMIK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MORAL BAGI ANAK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KREASI ILUSTRASI BUKU ANAK CINDELARAS DALAM BENTUK KOMIK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MORAL BAGI ANAK] PDF (KREASI ILUSTRASI BUKU ANAK CINDELARAS DALAM BENTUK KOMIK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MORAL BAGI ANAK)
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Anak adalah amanah dan karunia dari Tuhan Yang Maha Esa. Bagi sebuah bangsa, anak berperan sebagai penerus dan pemimpin di masa depan. Kecerdasan intelektual saja tidak cukup untuk menjadikan bangsa yang maju dan berbudi luhur. Banyak permasalahan bangsa yang dihadapi saat ini berkaitan dengan karakter dan moral seperti korupsi, kriminalitas amoral, dan kerusuhan SARA. Karena itu diperlukan usaha untuk mengatasi dan mencegah salah satunya dengan membentuk karakter melalui pembelajaran moral. Pembelajaran moral dapat diajarkan melalui cerita, yang berperan sebagai orientasi dan teladan untuk menstimulasi pemahaman yang kemudian menjadi pembiasaan dan karakter personal dari si anak. Dalam proyek studi ini pembelajaran moral disajikan di dalam cerita yang berbentuk buku komik, dengan cerita Cindelaras sebagai teladannya. Proses kreasi buku komik ini melalui beberapa tahapan proses berkarya yaitu proses pra produksi, proses produksi dan proses pasca produksi. Karya utama yang dihasilkan adalah wujud dummy dari buku komik yang berjudul “Cindelaras: A Boy with Rooster” dan beberapa karya merchandise sebagai pendukung seperti pembatas buku, gantungan kunci, artprint dan stiker. Semua halaman sequence dari komik ini merupakan visual ilustrasi yang menceritakan kisah perjalanan Cindelaras dalam memperjuangkan keadilan. Dalam komik ini juga digambarkan bagaimana Cindelaras bersikap kepada orangtua, orang yang membutuhkan bahkan orang yang jahat kepadanya sekalipun. Komik ini memiliki pesan utama bahwa setiap perbuatan baik atau buruk akan kembali lagi kepada pelakunya. Karya ini dianalisis dari aspek teknis, aspek estetis dan aspek ilustratif. Secara teknis, keseluruhan karya dikerjakan dalam format dan teknik digital dengan aplikasi Adobe Photoshop CS5, sedangkan dilihat dari aspek estetis menyorot kepada unsur-unsur visual yang digambarkan seperti warna, garis, gaya gambar, dan lain sebagainya. Aspek ilustratif menjelaskan tentang bagaimana ilustrasi berperan penting untuk mengkomunikasikan cerita dalam buku komik ini. Melalui kreasi ilustrasi buku komik ini diharapkan dapat menambah rekomendasi bacaan anak sebagai media pembelajaran moral sekaligus sarana promosi untuk mengenalkan cerita rakyat asli Indonesia.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kreasi,Ilustrasi, Buku Anak,Komik, Media Pembelajaran.
Subjects: N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Desain Komunikasi Visual, S1
Depositing User: aris setiono perpustakaan
Date Deposited: 21 Sep 2021 01:02
Last Modified: 21 Sep 2021 01:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46593

Actions (login required)

View Item View Item