MAJAS METAFORA (ISTI’ARAH) DALAM AL QUR’AN SURAT AL BAQARAH DAN ALI IMRAN (ANALISIS STILISTIKA)


Ibah Siti Habibah Assa’adah, 2303416024 (2020) MAJAS METAFORA (ISTI’ARAH) DALAM AL QUR’AN SURAT AL BAQARAH DAN ALI IMRAN (ANALISIS STILISTIKA). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of MAJAS METAFORA (ISTI’ARAH) DALAM AL QUR’AN SURAT AL BAQARAH DAN ALI IMRAN (ANALISIS STILISTIKA)] PDF (MAJAS METAFORA (ISTI’ARAH) DALAM AL QUR’AN SURAT AL BAQARAH DAN ALI IMRAN (ANALISIS STILISTIKA))
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Isti’arah merupakan salah satu kajian yang dibahas dalam ilmu balaghah, khususnya ilmu bayan. Isti’arah adalah majas yang dibuang salah satu tarafnya, karena adanya ‘alaqah yang serupa beserta adanya qarinah yang mencegah dari maksud arti yang sebenarnya. Dalam bahasa Indonesia disebut dengan istilah metafora. Di dalam Al Qur’an juga terdapat berbagai macam majaz isti’arah. Perlunya kajian majaz isti’arah dalam ayat-ayat Al Qur’an agar tidak terjadi kesalahan dalam memahami makna yang dimaksud. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apa saja ungkapan yang mengandung isti’arah dalam surat Al Baqarah dan Ali Imran (2) Bagaimana jenis-jenis isti’arah yang terdapat dalam surat Al Baqarah dan Ali Imran (3) Bagaimana ‘alaqah isti’arah pada surat Al Baqarah dan Ali Imran (4) Bagaimana qarinah isti’arah pada surat Al Baqarah dan Ali Imran. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan desain penelitian library research. Data penelitian ini berupa kalimat yang mengandung isti’arah dalam Al Qur’an surat Al Baqarah dan Ali Imran. Pegumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik dokumentasi. Instrumen yang digunakan berupa kartu data dan lembar rekapitulasi. Adapun analisis datanya dilakukan dengan menggunakan teknik agih. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasannya terdapat 43 data isti’arah secara umum dengan isti’arah tashrihiyyah 30 data dan isti’arah makniyyah 13 data dengan rincian: tashrihiyyah taba’iyyah murasysyahah 11 data, tashrihiyyah taba’iyyah mujarradah 3 data, tashrihiyyah taba’iyyah muthlaqah 6 data, tashrihiyyah ashliyyah murasysyahah 4 data, tashrihiyyah ashliyyah mujarradah 3 data, tashrihiyyah ashliyyah muthlaqah 3 data, makniyyah taba’iyyah murasysyahah ada 2 data, makniyyah taba’iyyah mujarradah ada 4 data , dan makniyyah taba’iyyah muthlaqah ada 7 data. Pembagian jenis isti’arah berdasarkan 3 kategori dalam surat Al Baqarah dan Ali Imran ditemukan 129 data. Isti’arah berdasarkan dua tharafnya terdapat 43 data yaitu isti’arah tashrihiyyah ada 32 data dan isti’arah makniyyah 11 data. Isti’arah berdasarkan musta’arnya terdapat 43 data yaitu isti’arah ashliyyah ada 11 data dan isti’arah taba’iyyah ada 32 data. Berdasarkan kecenderungan kata terdapat 43 data isti’arah, 17 data isti’arah murasysyahah, 10 data isti’arah mujarradah dan 16 data isti’arah muthlaqah. Secara keseluruhan ‘alaqah pada isti’arah surat Al Baqarah dan Ali Imran berbentuk keserupaan atau ‘alaqah musyabbahah. Kemudian qarinah isti’arah pada surat Al Baqarah dan Ali Imran terdapat qarinah lafdziyyah dan qarinah haliyah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Al Qur’an, Isti’arah, Stilisitika
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: aris setiono perpustakaan
Date Deposited: 21 Sep 2021 00:03
Last Modified: 21 Sep 2021 00:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46586

Actions (login required)

View Item View Item