PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK MODELING SIMBOLIKTERHADAP PERKEMBANGAN AKHLAK SISWA SEKOLAH DASAR


Triyani Widyastuti, 1301416025 (2020) PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK MODELING SIMBOLIKTERHADAP PERKEMBANGAN AKHLAK SISWA SEKOLAH DASAR. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK MODELING SIMBOLIKTERHADAP PERKEMBANGAN AKHLAK SISWA SEKOLAH DASAR] PDF (PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK MODELING SIMBOLIKTERHADAP PERKEMBANGAN AKHLAK SISWA SEKOLAH DASAR) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kata Kunci: perkembangan akhlak, bimbingan kelompok, modeling simbolik. Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena yang ada di SDN 03 Sumurjomblangbogo Kabupaten Pekalongan yang menunjukkan tingkat perkembangan akhlak siswa rendah, meliputi tingkat perkembangan akhlak siswa terhadap Allah SWT, Rasulullah SAW, sesama manusia, diri sendiri dan lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan ada atau tidaknya pengaruh bimbingan kelompok dengan teknik modeling simbolik terhadap perkembangan akhlak siswa. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian one grouppre-test post-test design. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah 35 siswa kelas V, dan sebagai sampelnya adalah 10 siswa yang memiliki tingkat perkembangan akhlak rendah, tinggi dan sangat tinggi. Teknik sampel yang diambil dengan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan wawancara perkembangan akhlak. Teknik analisis data yang digunakan yakni analisis deskriptif persentase dan Uji Wilcoxon dengan menggunakan alat bantu program spss versi 19. Hasil penelitian menunjukkan ada perubahan tingkat perkembangan akhlak siswa sebelum dan sesudah mengikuti layanan bimbingan kelompok dengan teknik modeling simbolik mengalami peningkatan rata-rata sebesar 14,3% dari hasil awal saat pretest sebesar 62,5% menjadi 76,8% saatpost-test. Selainitu, diperoleh data darihasil uji wilcoxon pairs match didapatkan nilai Asymp Sig. (2-tailed) sebesar 0,005, nilai tersebut lebih kecil dari 0,05 maka bisa diartikan bahwa ada perbedaan hasil perkembangan akhlak siswa yang signifikan untuk pre-test dan post-test (Hipotesis diterima). Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok dengan teknik modeling simbolik berpengaruh terhadap peningkatan perkembangan akhlak siswa Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: perkembangan akhlak, bimbingan kelompok, modeling simbolik.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 21 Sep 2021 00:01
Last Modified: 21 Sep 2021 00:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46585

Actions (login required)

View Item View Item