SURVEI MINAT DAN MOTIVASI SISWA TUNAGRAHITA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI DI SDLB NEGERI KOTA TEGAL TAHUN 2019 SKRIPSI
KOKO DWI ARVIAN, 6102415060 (2020) SURVEI MINAT DAN MOTIVASI SISWA TUNAGRAHITA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI DI SDLB NEGERI KOTA TEGAL TAHUN 2019 SKRIPSI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
Download (3MB) |
|
PDF (SURVEI MINAT DAN MOTIVASI SISWA TUNAGRAHITA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI DI SDLB NEGERI KOTA TEGAL TAHUN 2019 SKRIPSI)
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah seberapa besar minat dan motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani di SDLB Negeri Kota Tegal Tahun 2019. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar minat dan motivasi siswa berkebutuhan khusus tunagrahita dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani di SDLB Negeri Kota Tegal Tahun 2019. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode survey. Populasinya adalah semua siswa tunagrahita yang mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani di SDLB Negeri Kota Tegal Tahun 2019 yang berjumlah 25 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling. Variabel dalam penelitian ini adalah minat dan motivasi siswa berkebutuhan khusus tunagrahita dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani. Pengumpulan data dengan menggunakan angket/kuesioner, observasi, dokumentasi, dan wawancara tidak terstruktur. Analisis data menggunakan statistik deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukan dari tiga indikator minat, yakni indikator ketertarikan, indikator perhatian, dan indikator aktivitas. Indikator ketertarikan memperoleh 56% dalam kategori sedang, indikator perhatian 48% dalam kategori sedang, dan indikator aktivitas memperoleh 48% dalam kategori rendah. Sedangkan pada variabel motivasi terdapat dua indikator, antara lain indikator intrinsik dan indikator ekstrinsik. Pada indikator motivasi instrinsik memperoleh 48% dalam kategori sedang, kemudian pada indikator motivasi ekstrinsik sebanyak 60% dalam kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa minat siswa berkebutuhan khusus tunagrahita di SDLB Negeri Kota Tegal dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani di sekolah rata-rata minat siswa berada pada kategori sedang yakni sebesar 64%. Survei motivasi siswa tunagrahita dalam pembelajaran pendidikan jasmani menunjukkan rata-rata motivasi siswa berada pada kategori sedang yakni sebesar 68%. Maka disarankan kepada guru supaya lebih meningkatkan pembelajaran yang kreatif dan inovatif, memanfaatkan sarana dan prasarana yang disediakan oleh sekolah dengan maksimal, serta memodifikasi pembelajaran agar siswa lebih aktif dalam bergerak, sehingga pembelajaran yang berlangsung dapat efektif pada siswa dan meningkatkan minat serta motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Minat, Motivasi, Anak Tunagrahita, Pendidikan Jasmani |
Subjects: | O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 ) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1 |
Depositing User: | sri yuniati perpustakaan |
Date Deposited: | 20 Sep 2021 07:19 |
Last Modified: | 20 Sep 2021 07:19 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46574 |
Actions (login required)
View Item |