ANALISIS PERKEMBANGAN PRESTASI ATLET BULU TANGKIS NPCI (National Paralimpic Committee Indonesia) PROVINSI JAWA TENGAH


Izas Amelinda Distiana, 6211416117 (2020) ANALISIS PERKEMBANGAN PRESTASI ATLET BULU TANGKIS NPCI (National Paralimpic Committee Indonesia) PROVINSI JAWA TENGAH. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS PERKEMBANGAN PRESTASI ATLET BULU TANGKIS NPCI (National Paralimpic Committee Indonesia) PROVINSI JAWA TENGAH] PDF (ANALISIS PERKEMBANGAN PRESTASI ATLET BULU TANGKIS NPCI (National Paralimpic Committee Indonesia) PROVINSI JAWA TENGAH) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Izas Amelinda Distiana. 2020. Analisis Perkembangan Prestasi Atlet Bulu Tangkis NPCI (National Paralympic Committee Indonesia) Provinsi Jawa Tengah. Skripsi Jurusan Ilmu Keolahragaan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Semarang. Gustiana Mega Anggita, S. Pd. Jas., M. Or. Olahraga sebagai media penyandang disabilitas untuk mengembangkan sebuah potensi dan bakat. Prestasi yang telah ditorehkan ini memberikan kesadaran kepada masyarakat dan instansi terkait bahwa kekurangan bukan lagi menjadi faktor penghambat bagi seseorang untuk berhasil. NPCI Provinsi Jawa Tengah adalah satu-satunya wadah keolahragaan orang berkebutuhan khusus. Bulu tangkis merupakan cabang olahraga yang sangat digemari dari berbagai kalangan termasuk para penyandang disabilitas. Para atlet penyandang disabilitas bulu tangkis dibawah binaan NPCI Provinsi Jawa Tengah setiap tahun mengalami peningkatan prestasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan prestasi atlet bulu tangkis di NPCI Provinsi Jawa Tengah yang ditinjau dari pembinaan prestasi, perekrutan atlet, perekrutan pelatih, program latihan dan sarana prasana. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah pedoman wawancara dan observasi. Seubjek penelitian terdiri dari 9 responden yaitu pengurus, pelatih dan atlet. Pemeriksaan keabsahan data penelitian ini dengan trianggulasi data dan trianggulasi sumber. Teknik analisis data menggunakan menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian: 1) Pembinaan seperti SDM yang ada dapat dikatakan masih terbilang kurang. 2) Perekrutan pelatih di NPCI Jawa Tengah dapat dikatakan kurang baik karena perekrutan pelatih baru dilaksanakan sekali dan pelatih tidak semua memiliki sertifikat standart Internasional BWF. 3) Perekrutan atlet bulu tangkis di NPCI Jawa Tengah dapat di katakan baik dikarenakan perekrutan atlet melalui degradasi promosi atlet. 4) Program latihan yang diberikan mengikuti prosedur prinsip latihan yang ada, meliputi aspek fisik, teknik, ketrampilan, mental, pada frekuensi, intensitas, volume bahkan disesuaikan dengan usia dan nomor klasifikasi. 5) Sarana dan prasarana yang dimiliki oleh NPCI Jawa Tengah sudah baik karena sesuai dengan standart BWF tetapi kurang ideal dikarenakan tempat yang digunakan untuk latihan masih menyewa. Simpulan hasil penelitian dari Study Perkembangan Prestasi Atlet Bulu Tangkis NPCI Provinsi Jawa Tengah setiap tahun selalu meningkat lebih baik. Untuk keseluruhan proses pembinaan seperti SDM, perukrutan pelatih kurang baik, sarana prasana dikatakan memadahi sedangkan perekrutan atlet melalui promosi degradasi atlet, program latihan dikatakan sudah cukup baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Perkembangan prestasi, NPCI, Bulu tangkis
Subjects: O Sport > Ilmu Keolahragaan
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Ilmu Keolahragaan, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 20 Sep 2021 07:01
Last Modified: 20 Sep 2021 07:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46572

Actions (login required)

View Item View Item