PENGARUH TEMPERATUR UDARA TERHADAP LAJU PERPINDAHAN MASSA PADA LOW TEMPERATURE DRYING DENGAN PENAMBAHAN SUDU PENGARAH


Muhammad Sidiq Pramono Jati, 5212415027 (2020) PENGARUH TEMPERATUR UDARA TERHADAP LAJU PERPINDAHAN MASSA PADA LOW TEMPERATURE DRYING DENGAN PENAMBAHAN SUDU PENGARAH. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH TEMPERATUR UDARA TERHADAP LAJU PERPINDAHAN MASSA PADA LOW TEMPERATURE DRYING DENGAN PENAMBAHAN SUDU PENGARAH] PDF (PENGARUH TEMPERATUR UDARA TERHADAP LAJU PERPINDAHAN MASSA PADA LOW TEMPERATURE DRYING DENGAN PENAMBAHAN SUDU PENGARAH) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pengeringan merupakan proses memisahkan air pada bahan pangan dalam jumlah yang relatif kecil menggunakan energi panas untuk mengurangi kadar air pada bahan pangan yang menyebabkan mikroorganisme dapat terhambat dan kualitas bahan menjadi lebih tahan lama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan waktu dengan perubahan massa, pengaruh sudu pengarah terhadap distribusi aliran udara serta pengaruh temperatur udara terhadap laju perpindahan massa berdasarkan perubahan massa yang terjadi pada 3 rak pengering. Metode yang diterapkan true experimental dengan menggunakan alat low tempperature drying, variasi temperatur udara sebesar 30°C, 35°C, 40°C, 45°C, lama pengeringan selama 120 menit. RH sebesar 45% dan kecepatan udara 1,5 m/s. Bahan yang digunakan adalah singkong, berat bahan sebesar 5 gram. Hasil pengujian proses pengeringan dengan menggunakan variasi suhu 45°C menghasilkan perubahan massa paling tinggi sebesar 2,762 gram . Penurunan kadar air singkong sampai 15,26% selama 120 menit proses pengeringan. hasil perubahan massa pada ketiga rak dengan menggunakan sudu pengarah cukup merata. Rata-rata penurunan massa pada rak 1 sebesar 1,826 gram, rak 2 sebesar 1,865 gram, rak 3 sebesar 1,861 gram. Laju perpindahan massa paling optimal terjadi pada variasi suhu 45°C sebesar 0,0251 gram/menit.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: low temperature drying, temperatur udara, laju perpindahan massa
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Mesin S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 20 Sep 2021 06:12
Last Modified: 20 Sep 2021 06:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46568

Actions (login required)

View Item View Item