PENGARUH PENGGUNAAN KATALISATOR BROQUET DAN ECO RACING TERHADAP PERFORMA MESIN SEPEDA MOTOR 4 LANGKAH 110 CC


M. Bagus Zaen W.H, 5202416007 (2020) PENGARUH PENGGUNAAN KATALISATOR BROQUET DAN ECO RACING TERHADAP PERFORMA MESIN SEPEDA MOTOR 4 LANGKAH 110 CC. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH PENGGUNAAN KATALISATOR BROQUET DAN ECO RACING TERHADAP PERFORMA MESIN SEPEDA MOTOR 4 LANGKAH 110 CC] PDF (PENGARUH PENGGUNAAN KATALISATOR BROQUET DAN ECO RACING TERHADAP PERFORMA MESIN SEPEDA MOTOR 4 LANGKAH 110 CC) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi masalah kelangkaan BBM akibat meningkatnya jumlah penggunaan sepeda motor salah satunya dengan membuat kinerja mesin lebih efisien yaitu dengan menambahkan katalis dan zat aditif pada BBM yang dipakai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Broquet dan Eco Racing terhadap performa mesin meliputi torsi dan daya pada motor tipe mesin 4 langkah berbahan bakar pertalite serta mengetahui keefektifan produk dalam meningkatkan performa mesin. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Pengujian dilakukan pada sepeda motor Honda BeAT FI 110 cc dengan 3 kelompok uji yakni pengujian dengan pertalite murni, pengujian dengan pertalite yang telah direndam Broquet tipe B1, dan pengujian dengan pertalite yang telah dicampur atau dilarutkan 1 tablet Eco Racing jenis Eco Motor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh penggunaan Broquet dan Eco Racing terhadap performa mesin sepeda motor 4 langkah 110 cc. Torsi dan daya pada awal putaran mesin 4500 rpm pengujian dengan Broquet dan Eco Racing mengalami kenaikan dan selanjutnya pada putaran mesin berikutnya berangsur mengalami penurunan. Penggunaan Broquet memiliki keefektifan yang lebih dalam meningkatkan performa mesin pada awal putaran mesin dibandingkan dengan Eco Racing. Penelitian selanjutnya disarankan agar dapat meneliti efek jangka panjang penggunaan serta kefektifannya dalam meminimalisir emisi gas buang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Broquet, Eco Racing, Performa mesin sepeda motor
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 20 Sep 2021 04:28
Last Modified: 20 Sep 2021 04:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46563

Actions (login required)

View Item View Item