DINAMIKA KERAJINAN SENI UKIR DI ANTARA BERDIRINYA INDUSTRI GARMEN DI JEPARA


Chimzatun Naviroh, 5401416004 (2021) DINAMIKA KERAJINAN SENI UKIR DI ANTARA BERDIRINYA INDUSTRI GARMEN DI JEPARA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of DINAMIKA KERAJINAN SENI UKIR DI ANTARA BERDIRINYA INDUSTRI GARMEN DI JEPARA] PDF (DINAMIKA KERAJINAN SENI UKIR DI ANTARA BERDIRINYA INDUSTRI GARMEN DI JEPARA) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Seni ukir merupakan karya warisan budaya bangsa Indonesia yang telah mengalami perkembangan seiring dengan perjalanan waktu. Seni ukir di Jepara bergerak pada kerajinan kayu dan furniture. Kerajinan seni ukir mengalami penurunan jumlah industri dari tahun ke tahun, setelah adanya industri garmen kerajinan semakin mengalami penurunan yang signifikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor- faktor penyebab dan dampak keberadaan industri garmen terhadap dinamika kerajinan seni ukir. Yang dimaksud dengan penelitian ini merupakan permasalahan terhadap kerajinan seni ukir di Jepara, kota Jepara merupakan kota yang terkenal akan kota ukirnya dan sudah menjadi ciri khas kota Jepara. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan analisis data dilakukan secara deskriptif presentase. Pengumpulan data digunakan adalah kuesioner (angket). Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah para pemilik perusahaan seni ukir, perajin ukir, karyawan industri garmen, dan masyarakat di Jepara berjumlah 36 responden dengan teknik pengambilan sample dalam penelitian ini menggunakan teknik Sampling Purposive. Pengolahan data berupa uji validitas, dan uji reliabilitas. Hasil penelitian dinamika kerajinan seni ukir diantara berdirinya indutri garmen di Jepara, menghasilkan data sebagai berikut; 1) Terdapat penurunanyang signifikan pada jumlah industri kerajinan seni ukir di Jepara setelah adanya industri garmen. 2) faktor- faktor penyebab terjadinya dinamika kerajinan seni ukir tidak secara penuh dipengaruhi oleh adanya industri garmen, faktor lainnya yaitu dari faktor produksi dan faktor permintaan 3) Keberadaan industri garmen terhadap dinamika kerajinanan seni ukir berdampak pada penyerapan tenaga kerja yang menjadikan kerajinan seni ukir kekurangan akan tenaga kerja bagian finishing.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Dinamika, Kerajinan, Seni Ukir, Industri Garmen
Subjects: T Technology > TY Pendidikan Kesejahteraan Keluarga > TY1 Kesejahteraan Keluarga S1
Fakultas: UNSPECIFIED
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 20 Sep 2021 03:24
Last Modified: 20 Sep 2021 03:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46555

Actions (login required)

View Item View Item