ANALISIS PERBANDINGAN PERCEPATAN PELAKSANAAN PROYEK DENGAN PENAMBAHAN JAM KERJA DAN TENAGA KERJA MENGGUNAKAN METODE TIME COST TRADE OFF PADA PROYEK PEMBANGUNAN BALAI KARANTINA PERTANIAN JAWA TENGAH.


Restu Andika Putra, 5113416030 (2020) ANALISIS PERBANDINGAN PERCEPATAN PELAKSANAAN PROYEK DENGAN PENAMBAHAN JAM KERJA DAN TENAGA KERJA MENGGUNAKAN METODE TIME COST TRADE OFF PADA PROYEK PEMBANGUNAN BALAI KARANTINA PERTANIAN JAWA TENGAH. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS PERBANDINGAN PERCEPATAN PELAKSANAAN PROYEK DENGAN PENAMBAHAN JAM KERJA DAN TENAGA KERJA MENGGUNAKAN METODE TIME COST TRADE OFF PADA PROYEK PEMBANGUNAN BALAI KARANTINA PERTANIAN JAWA TENGAH.] PDF (ANALISIS PERBANDINGAN PERCEPATAN PELAKSANAAN PROYEK DENGAN PENAMBAHAN JAM KERJA DAN TENAGA KERJA MENGGUNAKAN METODE TIME COST TRADE OFF PADA PROYEK PEMBANGUNAN BALAI KARANTINA PERTANIAN JAWA TENGAH.) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pada perencanaan pekerjaan konstruksi berbagai hal dapat terjadi dalam pelaksanaan proyek konstruksi yang bisa menyebabkan bertambahnya waktu pelaksanaan sehingga penyelesaian proyek menjadi terlambat. Keterlambatan pengerjaan proyek dapat diantisipasi dengan melakukan percepatan dalam melakukan pelaksanaan, namun tetap memperhatikan faktor biaya dan mutu. Pada Pelaksanaan Proyek Pembangunan Gedung Balai Karantina Pertanian Jawa Tengah terdapat keterlambatan progres pelaksanaan perkerjaan terhadap progres rencana yang telah direncanakan pada Time Schedule, sehingga perlu adanya percepatan pelaksanaan untuk menghindari terjadinya keterlambatan. Penelitian ini menganalisis percepatan durasi proyek pada pelaksanaan Proyek Pembangunan Gedung Balai Karantina Pertanian Jawa Tengah dengan penambahan jam kerja (lembur) yang bervariasi dari 1 jam lembur sampai 3 jam lembur dan dengan penambahan tenaga kerja menggunakan metode time cost trade off. Kemudian akan dihitung perubahan biaya dan durasi pelaksanaan pekerjaan proyek setelah dilakukan analisa penambahan jam kerja dan penambahan tenaga kerja. Dari biaya normal sebesar Rp 10.777.777.777 dan durasi 210 hari dengan analisa metode time cost trade off didapatkan kesimpulan penambahan jam lembur yang paling efisien adalah penambahan lembur 3 jam dengan biaya sebesar Rp 10.732.782.240 durasi 183.71 hari dan untuk penambahan jam kerja yang paling efisien adalah penambahan tenaga kerja terhadap 3 jam kerja lembur dengan biaya sebesar Rp 10.608.659.081 durasi 183,71. Sehingga hasil dari analisis yang paling efisien adalah dengan penambahan tenaga kerja terhadap 3 jam kerja lembur dengan selisih dari biaya normal sebesar Rp 169.118.696 dan dengan selisih durasi 26,29 dari durasi normal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci :metode time cost trade off, penambahan tenaga kerja dan jam kerja, resiko keterlambatan
Subjects: T Technology > TYA Teknik Sipil
Fakultas: UNSPECIFIED
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 20 Sep 2021 02:33
Last Modified: 20 Sep 2021 02:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46548

Actions (login required)

View Item View Item