EFEKTIVITAS PENGGUNAAN BOLA RINGAN DAN BOLA BERAT TERHADAP AKURASI PUKULAN KE ARAH GATE (GATTING) (Survei pada Atlet Putra UKM Woodball UNNES Tahun 2019)


Febriyanti, 6211415054 (2020) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN BOLA RINGAN DAN BOLA BERAT TERHADAP AKURASI PUKULAN KE ARAH GATE (GATTING) (Survei pada Atlet Putra UKM Woodball UNNES Tahun 2019). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of EFEKTIVITAS PENGGUNAAN BOLA RINGAN DAN BOLA BERAT TERHADAP AKURASI PUKULAN KE ARAH GATE (GATTING) (Survei pada Atlet Putra UKM Woodball UNNES Tahun 2019)] PDF (EFEKTIVITAS PENGGUNAAN BOLA RINGAN DAN BOLA BERAT TERHADAP AKURASI PUKULAN KE ARAH GATE (GATTING) (Survei pada Atlet Putra UKM Woodball UNNES Tahun 2019)) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penggunaan bobot bola yang bervariasi antara satu pemain dengan pemain lainnya dapat mempengaruhi hasil akhir yang berbeda. Apalagi jika digunakan ketika melakukan pukulan kearah gate (gatting) karena gatting merupakan faktor yang sangat penting dalam mengakhiri setiap fairway dengan baik. Sehingga bobot bola menjadi hal yang vital dalam permainan woodball karena ketika bobot bola tidak sesuai maka hasil akhir belum tentu sesuai dengan yang diinginkan. Masalah dalam penelitian ini mencakup seberapa besar efektivitas penggunaan bola ringan terhadap akurasi gatting woodball, seberapa besar efektivitas penggunaan bola berat terhadap akurasi gatting woodball, dan apakah terdapat perbedaan penggunaan bola ringan dan bola berat terhadap akurasi gatting woodball. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui seberapa besar efektivitas penggunaan bola ringan terhadap akurasi gatting woodball, mengetahui seberapa besar efektivitas penggunaan bola berat terhadap akurasi gatting woodball, dan mengetahui apakah terdapat perbedaan penggunaan bola ringan dan bola berat terhadap akurasi gatting woodball. Metode penelitian menggunakan metode survei. Populasi penelitian yaitu 33 atlet Unit Kegiatan Mahasiswa Woodball Universitas Negeri Semarang. Penarikan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan sampel berjumlah 15 atlet. Instrumen yang digunakan tes akurasi pukulan kearah gate (gatting) woodball. Teknik analisis data menggunakan analisis uji t sampel berpasangan atau paired sample t test menggunakan program SPSS versi 20. Hasil uji hipotesis efektivitas penggunaan bola ringan terhadap akurasi gatting woodball sebesar 56,7%, efektivitas penggunaan bola berat terhadap akurasi gatting woodball sebesar 73,3%, dan terdapat perbedaan yang signifikan antara penggunaan bola ringan dan bola berat terhadap akurasi gatting woodball dengan nilai sig 0,000<0,05. Simpulan dalam penelitian ini adalah efektivitas penggunaan bola ringan terhadap akurasi gatting woodball sebesar 56,7% masuk dalam kategori cukup efektif, efektivitas penggunaan bola berat terhadap akurasi gatting woodball sebesar 73,3% masuk dalam kategori efektif, dan terdapat perbedaan yang signifikan antara penggunaan bola ringan dan bola berat terhadap akurasi gatting woodball dengan nilai sig 0,000<0,05 sehingga penggunaan bola berat lebih efektif daripada penggunaan bola ringan. Disarankan kepada peneliti selanjutnya yang ingin meneliti lebih dalam mengenai bola woodball yang digunakan untuk akurasi gatting woodball supaya memperhatikan lebih detail mengenai variasi bobot bola woodball dan keadaan permukaan tanah karena tingkat kekerasan tanah dan ketebalan rumput pada musim kemarau dan penghujan berbeda.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Akurasi, Bola Berat, Bola Ringan, Efektivitas, Gatting.
Subjects: O Sport > Ilmu Keolahragaan
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Ilmu Keolahragaan, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 20 Sep 2021 02:07
Last Modified: 20 Sep 2021 02:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46545

Actions (login required)

View Item View Item