KELAYAKAN SERAT LIMBAH TEBU SEBAGAI BULU MATA DAN ALIS EXTENSION


Arifah Nur Fadilah, 5402415033 (2020) KELAYAKAN SERAT LIMBAH TEBU SEBAGAI BULU MATA DAN ALIS EXTENSION. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KELAYAKAN SERAT LIMBAH TEBU SEBAGAI BULU MATA DAN ALIS EXTENSION] PDF (KELAYAKAN SERAT LIMBAH TEBU SEBAGAI BULU MATA DAN ALIS EXTENSION) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Masalah extensionyang di alami adalah tidak mudah menyerap air, client yang sudah pernah memaikai extension sintetis setelah terkena air matanya selalu memerah.Serat limbah tebu tersebut memiliki potongan-potongan komponen yang membentuk jaringan memanjang yang utuh berupa ampas dari pengolahan tebu yang sudah diambil sarinyayang tidak terpakai dapat diolah menjadi bulu mata dan alis mata extensionkarena mudah menyerap air dibandingkan dengan extension sintetis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan produk bulu mata dan alis mata extensiondari serat limbah tebudengan uji inderawi dan uji kesukaan. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen sebagai kelayakan serat limbah tebu sebagai bulu mata dan alis extension. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Validitas produk diperoleh berdasarkan hasil dari penilaian produk bulu mata dan alis mata extension dari serat limbah tebuyang dinilai oleh 3 validator dengan indikator bentuk, ukuran bulu mata, kerapian, warna, dan hasil produk dan teknik pembuatan. Uji inderawi pada penelitian ini dilakukan oleh 3 panelis ahli dengan indikator bentuk dan ukuran, hasil produk pembuatan, kerapian, dan pemasangan. Uji kesukaan oleh 15 orang responden dengan indikatorbentuk dan ukuran, hasil produk dan teknik pembuatan, kerapian, dan pemasangan.Teknik analisis yaitu deskriptif persentase.Hasil validitas menunjukkan bahwa semua produk mendapatkan kriteria sangat valid dengan nilai tertinggi diperoleh produk Bulu Mata dan Alis Extensionadalah : produk A (Japanese Eyelash Extension (1d) 100%, produk B (Korean Eyelash (2d) 100%, produk C (Russian Volume (3d)97,48%. dan produk D (Russian Volume (4d)97,48%, dan produk E (Single Extension Eyebrow (Alis)100%. Kemudian yang mendapatkan skor terendah adalah dengan nilai validitas Hasil uji inderawi menunjukkan seluruh produk sangat layak dengan rata-rata87,88%sedangkan hasil uji kesukaan menujukkan seluruh produk termasuk kategori sangat suka dengan rata-rata 96,44%. Simpulan: Berdasarkan validasi produk dari tiga orang ahlidinyatakan sangat valid dan sangat layak dengan indikator bentuk dan ukuran bulu mata, kerapian, warna, dan hasil produk dan teknik pembuatan. Saran: pengrajin dan penjual bulu mata dan alis mata extensionperlu kreativitas dalam menghasilkanextensionyang mudah dipakai dan nyaman saat dipakai oleh konsumen.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Serat limbah tebu, bulu mata dan alis mata extension
Subjects: T Technology > TY Pendidikan Kesejahteraan Keluarga > TY4 Tata Kecantikan S1
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Kecantikan, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 20 Sep 2021 01:12
Last Modified: 20 Sep 2021 01:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46544

Actions (login required)

View Item View Item