PERBEDAAN PERAN GENDER DAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB TERHADAP PENGARUH PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB KELAS VIII SMP AL HUDA KEBUMEN


Kamalia, 2303415002 (2020) PERBEDAAN PERAN GENDER DAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB TERHADAP PENGARUH PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB KELAS VIII SMP AL HUDA KEBUMEN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PERBEDAAN PERAN GENDER DAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB TERHADAP PENGARUH PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB KELAS VIII SMP AL HUDA KEBUMEN] PDF (PERBEDAAN PERAN GENDER DAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB TERHADAP PENGARUH PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB KELAS VIII SMP AL HUDA KEBUMEN)
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berdasarkan keadaan yang terjadi di SMP Al Huda Kebumen dimana ruang belajar dan beberapa kegiatan sekolah dipisah antara siswa laki-laki dan perempuan. Lingkungan dan suasana belajar yang terpisah menimbulkan pengalaman belajar yang berbeda antara siswa laki-laki dan perempuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan peran gender dan motivasi belajar Bahasa Arab antara siswa laki-laki dan perempuan kelas VIII terhadap prestasi belajar Bahasa Arab. Penelitian ini menggunakan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Al Huda Kebumen sebanyak 238 siswa. Sampel penelitian sebanyak 173 siswa ditentukan dengan menggunakan Teknik probability sampling. Data dikumpulkan menggunakan instrument angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji linearitas, uji multikolinearitas, dan uji regresi sederhana. Analisis dilakukan pada taraf signifikansi 1%. Hasil dari penelitian ini menunjukkan sebagai berikut (1) Terdapat 68 siswa dengan gender maskulin dan 105 siswa dengan gender feminin. (2) Presentase kategori prestasi belajar bahasa Arab gender maskulin (72%) yang Tuntas lebih tinggi dibandingkan kategori prestasi belajar bahasa Arab gender feminin (62%). (3) Motivasi belajar Bahasa Arab siswa perempuan lebih tinggi (69,8%) dibandingkan motivasi belajar Bahasa Arab siswa laki-laki (48,5%). (4) Terdapat pengaruh positif namun tidak ada pengaruh signifikan (α >0,01) antara peran gender dengan prestasi belajar Bahasa Arab siswa. Hal ini ditunjukkan dengan nilai thitung 0,298 lebih besar dari ttabel 2,604 dengan taraf signifikansi α = 0,01. (5) Terdapat pengaruh positif dan signifikan (α <0,01) antara motivasi belajar Bahasa Arab xi dengan prestasi belajar Bahasa Arab. Hal ini ditunjukkan dengan nilai thitung 2,694 lebih besar dari ttabel 2,604 dengan taraf signifikansi α = 0,01.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Peran Gender, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: aris setiono perpustakaan
Date Deposited: 19 Sep 2021 22:49
Last Modified: 19 Sep 2021 22:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46534

Actions (login required)

View Item View Item