HUBUNGAN ANTARA IDENTITAS ETNIS DAN KESADARAN BUDAYA DENGAN KECENDERUNGAN PERILAKU SOPAN SANTUN PADA SISWA KELAS X DI SMK MATARAM SEMARANG


Dhika Indahsari Kurnia, 1301415070 (2020) HUBUNGAN ANTARA IDENTITAS ETNIS DAN KESADARAN BUDAYA DENGAN KECENDERUNGAN PERILAKU SOPAN SANTUN PADA SISWA KELAS X DI SMK MATARAM SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of HUBUNGAN ANTARA IDENTITAS ETNIS DAN KESADARAN BUDAYA DENGAN KECENDERUNGAN PERILAKU SOPAN SANTUN PADA SISWA KELAS X DI SMK MATARAM SEMARANG] PDF (HUBUNGAN ANTARA IDENTITAS ETNIS DAN KESADARAN BUDAYA DENGAN KECENDERUNGAN PERILAKU SOPAN SANTUN PADA SISWA KELAS X DI SMK MATARAM SEMARANG) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan dasar latar belakang fenomena yang terjadi dilapangan pada para siswa khusunya remaja. Dapat dikatakan bahwa siswa atau remaja disini memiliki perilaku yang sebagaian kurang dapat diterima salah satunya yaitu perilaku sopan santun. Dapat dikatakan bahwa mereka tinggal dilingkungan budaya atau etnis yang dimiliki sejak lahir. Hal tersebut terjadi karena disebabkan oleh kurangnya pemahaman etika sopan santun dan kurangnya kesadaran diri dalam memhami budaya dan identitas etnis pada siswa. Salah satu perilaku kurang sopan santun yang ditunjukkan siswa adalah siswa acuh cuek terhadap guru yang sedang berjalan, siswa yang berbicara kurang santun terhadap guru, teman sebaya dan orang yang lebih tua. Penelitian bertujuan (1) Membuktikan tingkat hubungan identitas etnis (2) Membuktikan tingkat hubungan kesadaran budaya, dan (3) mengetahui gambaran hubungan antara identitas etnis dan kesadaran budaya dengan kecenderungan perilaku sopan santun pada siswa kelas X SMK Mataram Semarang. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian kuantitatif korelasional, dengan jumlah populasi sebanyak 218 siswa dengan jumlah sampel 135 siswa pada kelas X SMK Mataram Semarang, dipilih dengan menggunakan teknik pengumpulan data teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan skala kecenderungan perilaku sopan santun, skala identitas etnis, dan skala kesadaran budaya yang telah di uji validitas dan reliabilitasnya. Dalam analisis data pada penelitian ini menggunakan (1) analisis deskriptif untuk mengetahui tingkat identitas etnis, kesadaran budaya dan kecenderungan perilaku sopan santun, (2) analisis regresi linier berganda untuk mengetahui dan membuktikan ada atau tidaknya hubungan antara identitas etnis dan kesadaran budaya dengan kecenderungan perilaku sopan santun pada siswa. Hasil analisis data menunjukkan bahwa identitas etnis dan kesadaran budaya memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kecenderungan perilaku sopan santun dengan perolehan R=0,481 ; R2=0,232 ; F=19,918; dan nilai sig=0,000. Nilai taraf signifikansi sebesar 0,000 (P<0,05) menunjukkan bahwa identitas etnis dan kesadaran budaya berhubungan secara signifikan terhadap kecenderungan perilaku sopan santun. Berdasarkan hasil tersebut maka upaya untuk menanggulangi kurangnya perilaku sopan santun pada siswa tersebut salah satunya yaitu dengan memberikan pemahaman dan menguatkan pengetahuan lebih dengan menggunakan layanan klasikal, BKp maupun KKp dengan jenis layanan bidang sosial dimana hal tersebut untuk lebih menguatkan siswa dalam memahami identitas etnis dan budaya nya agar mampu menanamkan nilai-nilai sopan santun dalam kehidupan sehari-hari Kata Kunci: Identitas Etnis;Kesadaran Budaya;Perilaku Sopan Santun

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Identitas Etnis;Kesadaran Budaya;Perilaku Sopan Santun.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 18 Sep 2021 08:25
Last Modified: 18 Sep 2021 08:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46532

Actions (login required)

View Item View Item