HUBUNGAN ANTARA HARGA DIRI DAN DUKUNGAN SOSIAL DENGAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA SMK NUSA BHAKTI SEMARANG


Fitria Rahayu Ningsih, 1301415057 (2020) HUBUNGAN ANTARA HARGA DIRI DAN DUKUNGAN SOSIAL DENGAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA SMK NUSA BHAKTI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of HUBUNGAN ANTARA HARGA DIRI DAN DUKUNGAN SOSIAL DENGAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA SMK NUSA BHAKTI SEMARANG] PDF (HUBUNGAN ANTARA HARGA DIRI DAN DUKUNGAN SOSIAL DENGAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA SMK NUSA BHAKTI SEMARANG) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilandaskan atas banyaknya siswa yang tidak memiliki kepercayaan diri yang kuat, hal ini dapat ditunjukkan dari perilaku siswa yang kurang aktif dan tidak berani bertanya selama proses KBM berlangsung, merasa canggung saat berhadapan dengan banyak orang, tidak mampu untuk menghargai dirinya sendiri maupun oranglain, serta sering membandingkan diri sendiri. Sedangkan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kepercayaan diri ini diantaranya yaitu siswa yang sudah mampu untuk menghargai dirinya sendiri dan adanya dukungan sosial. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara harga diri dan dukungan sosial dengan kepercayaan diri siswa SMK Nusa Bhakti Semarang. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMK Nusa Bhakti Semarang yang berjumlah 278 siswa dengan jumlah sampel penelitian sebanyak 157 siswa yang diambil dengan teknik proporsional random sampling. Alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala psikologis harga diri, skala psikologis dukungan sosial, dan skala psikologis kepercayaan diri. Analisis data yang digunakan pada uji hipotesis adalah uji korelasional regresi ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat harga diri, dukungan sosial, dan kepercayaan diri siswa berada pada kategori sedang. Hasil analisis hipotesis pertama menunjukan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara harga diri dengan kepercayaan diri (β= 0,416 ; t=5,834 ; p<0,05), Hasil analisis hipotesis kedua menunjukan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara dukungan sosial dengan kepercayaan diri siswa(β= 0,364 ; t=4,589 ; p<0,05), Hasil analisis hipotesis ketiga menunjukan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara harga diri dan dukungan sosial dengan kepercayaan diri siswa R=0,597, F=42,733 > 3,03, p<0,05. Niai R² dalam penelitian ini sebesar 0,534, hal tersebut berarti bahwa harga diri dan dukungan sosial memberikan sumbangsih sebesar 53,4% terhadap kepercayaan diri siswa, serta terdapat faktor lain yang mempengaruhi kepercayaan diri siswa sebesar 46,6%. Berkaitan dengan hasil penelitian ini diharapkan guru BK dapat memberikan layanan bimbingan dan konseling yang terkait dengan harga diri, dukungan sosial, dan kepercayaan diri sesuai dengan kebutuhan siswa. Hal tersebut bertujuan agar siswa memiliki perilaku dalam menghargai dirinya sendiri dan memiliki dukungan sosial yang baik sehingga dapat membentuk kepercayaan diri siswa yang tinggi dan kuat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : harga diri, dukungan sosial, kepercayaan diri.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 18 Sep 2021 07:41
Last Modified: 18 Sep 2021 07:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46531

Actions (login required)

View Item View Item