HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA DAN AKTUALISASI DIRI DENGAN HARGA DIRI REMAJA PANTI ASUHAN DI PURBALINGGA TAHUN 2019


Pandhu Satrio Aliyhayyu Aksha, 1301414119 (2020) HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA DAN AKTUALISASI DIRI DENGAN HARGA DIRI REMAJA PANTI ASUHAN DI PURBALINGGA TAHUN 2019. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA DAN AKTUALISASI DIRI DENGAN HARGA DIRI REMAJA PANTI ASUHAN DI PURBALINGGA TAHUN 2019] PDF (HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA DAN AKTUALISASI DIRI DENGAN HARGA DIRI REMAJA PANTI ASUHAN DI PURBALINGGA TAHUN 2019) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan fenomena rendahnya keterbukaan diri siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pangkah Kabupaten Tegal. Siswa yang memiliki masalah kurang terbuka mereka cenderung mudah cemas dalam menghadapi kesulitan, sulit menetralisir timbulnya kejujuran pada diri mereka sendiri, bereaksi tertutup dalam menghadapi masalah, dan malu. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah layanan konseling kelompok untuk meningkatkan keterbukaan diri siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pangkah Kabupaten Tegal sebelum diberikan layanan Konseling Kelompok, mendeskripsikan keterbukaan diri siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pangkah Kabupaten Tegal sesudah diberikan layanan Konseling Kelompok untuk meningkatkan Keterbukaan diri siswa. Jenis Penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Eksperimen Quasieksperimental Design berbentuk One-Group PretestPostest. Subyek Penelitian 8 dari 166 siswa yang mengikuti Pretest. Pengambilan sampel pada penelitian Purposive Sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Keterbukaan diri siswa sebelum dan sesudah diberikan Treatment berupa layanan konseling kelompok tingkat keterbukaan diri siswa meningkatkan rata-rata 13% dari hasil awal 60% menjadi 73% saat postest. Selain itu diperoleh data dari hasil yaitu Asymp.sig (2 tailed) bernilai 0,002. Nilai Asymp.sig 0,002 < 0,05 maka hipotesis penelitian diterima. Dengan kata lain bahwa konseling kelompok dapat meningkatkan keterbukaan diri siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pangkah Kabupaten Tegal. Kata kunci : Keterbukaan Diri, Konseling Kelompok

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Keterbukaan Diri, Konseling Kelompok
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 18 Sep 2021 07:22
Last Modified: 18 Sep 2021 07:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46527

Actions (login required)

View Item View Item