BENTUK KOLABORASI GURU MATA PELAJARAN DENGAN GURU BK DALAM PELAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING


Afiana Dianis Lestari, 1301413116 (2020) BENTUK KOLABORASI GURU MATA PELAJARAN DENGAN GURU BK DALAM PELAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of BENTUK KOLABORASI GURU MATA PELAJARAN DENGAN GURU BK DALAM PELAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING] PDF (BENTUK KOLABORASI GURU MATA PELAJARAN DENGAN GURU BK DALAM PELAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (727kB) | Request a copy

Abstract

Bimbingan dan konseling di sekolah memiliki peranan yang sangat penting dalam usaha guru untuk meningkatkan mutu pendidikan para peserta didik, oleh karena itu pelayanan bimbingan dan konseling itu sangat tepat jika diberikan di sekolah, agar setiap peserta didik dapat lebih mengembangkan potensi yang ada dalam dirinya seoptimal mungkin. Oleh karena itu, bimbingan dan konseling menjadi bidang layanan khusus dalam keseluruhan kegiatan pendidikan sekolah yang ditangani guru BK. Guru BK sebagai pengembang misi bimbingan dan konseling yang mengandalkan peran wali kelas saja belum cukup, oleh karena itu diperlukan upaya kolaborasi dengan guru mata pelajaran. Guru mata pelajaran merupakan salah satu pihak yang banyak berhubungan dengan siswa, sehingga jalinan kolaborasi guru BK dengan guru mata pelajaran akan membantu terlaksananya program bimbingan dan konseling secara menyeluruh. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan analisis deskriptif. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan Bentuk Kolaborasi Guru Mata Pelajaran dengan Guru Bk dalam Pelayanan Bimbingan Konseling (Studi di Sekolah Menengah Atas Negeri seKabupaten Pemalang). populasi yang ada dalam penelitian ini adalah seluruh guru BK SMA Negeri se-Kabupaten Pemalang. Kemudian pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster area. Hasil dari penelitian ini mendeskripsikan bahwa tingkat kolaborasi antara guru BK dan guru Mata Pelajaran dalam layanan Bimbingan dan Konseling seKabupaten Pemalang berada pada kategori sangat tinggi. Hal ini menunjukan adanya kesadaran yang sangat baik diantara keduanya yaitu guru BK dan guru Mata Pelajaran. Keywords: Kolaborasi, guru bk, guru mata pelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keywords: Kolaborasi, guru bk, guru mata pelajaran.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 18 Sep 2021 05:53
Last Modified: 18 Sep 2021 05:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46524

Actions (login required)

View Item View Item