PEMBELAJARAN LITERASI ANAK TERINTEGRASI KECAKAPAN HIDUP DI TBM WARUNG PASINAON BERGAS LOR KABUPATEN SEMARANG


Nazilatus Sa’diyah, 1201416058 (2020) PEMBELAJARAN LITERASI ANAK TERINTEGRASI KECAKAPAN HIDUP DI TBM WARUNG PASINAON BERGAS LOR KABUPATEN SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PEMBELAJARAN LITERASI ANAK TERINTEGRASI KECAKAPAN HIDUP DI TBM WARUNG PASINAON BERGAS LOR KABUPATEN SEMARANG] PDF (PEMBELAJARAN LITERASI ANAK TERINTEGRASI KECAKAPAN HIDUP DI TBM WARUNG PASINAON BERGAS LOR KABUPATEN SEMARANG) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Budaya literasi bagi anak di Indoensia masih rendah padahal kemampuan mengembangkan budaya literasi menjadi prasyarat untuk kecakapan hidup di abad 21. Dengan adanya pembelajaran literasi anak terintegrasi kecakapan hidup di TBM Warung Pasinaon dapat menjadi solusi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran literasi anak terintegrasi kecakapan hidup, kecakapan hidup yang diperoleh anak, faktor pendukung dan penghambat. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan subjek penelitian 1 pengelola, 2 pendidik, 2 peserta didik, dan 2 orangtua peserta didik. Teknik pegumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data dengan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Analisis data yang dilakukan melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian diperoleh program pembelajaran yang ada di TBM Warung Pasinaon meliputi menulis kreatif, public speaking, cooking day, videografis dan desain grafis. Namun pembelajaran yang sering dilaksanakan pembelajaran menulis kreatif dan public speaking. Pembelajaran tersebut mencakup beberapa komponen diantaranya tujuan, bahan pembelajaran/materi, kegiatan pembelajaran, metode, alat/media, sumber belajar serta evaluasi. Kecakapan hidup yang diperoleh anak memiliki komunikasi yang baik, saat di rumah, sekolah maupun di lingkungan masyarakat, lebih dapat mengekspresikan diri baik dalam lisan maupun tulisan, anak lebih percaya diri berbicara di depan umum dan memiliki keterampilan menulis. Peserta didik yang mengikuti pembelajaran literasi anak telah menerbitkan karya menulisnya yaitu buku antologi. Faktor pendukung pendidik berkompeten, banyaknya sumber bacaan, dan relasi pengelola yang luas. Faktor penghambat diantaranya penyesuaian waktu yang sulit, literasi belum menjadi sesuatu yang menarik bagi anak, mood anak yang berubah-ubah, waktu pembelajaran yang kurang lama, dan prasarana yang kurang memadai. Simpulan dalam penelitian ini adalah kondisi TBM Warung Pasinaon yang tidak ramai oleh pengunjung ataupun oleh anak yang mengikuti pembelajaran seperti dulu menyebabkan pembelajaran yang ada di TBM Warung Pasinaon lebih inovatif dan disesuaikan sesuai kebutuhan anak seperti adanya pembelajaran literasi yang terintegrasi kecakapan hidup salah satunya menulis kreatif dan public speaking. Kecakapan hidup yang diperoleh anak memiliki komunikasi yang baik, dapat mengekspresikan diri, percaya diri berbicara di depan umum, dan memiliki keterampilan menulis. Hal tersebut dapat dilihat anak telah menerbitkan karya menulisnya yaitu buku antologi. Faktor pendukung berasal dari pendidik, pengelola dan sumber bacaan. Faktor penghambat dari peserta didik, penyesuaian waktu, kurang lamanya waktu dalam pembelajaran dan prasarana. Kata Kunci: pembelajaran, anak, literasi, kecakapan hidup

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: pembelajaran, anak, literasi, kecakapan hidup
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 18 Sep 2021 04:34
Last Modified: 18 Sep 2021 04:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46516

Actions (login required)

View Item View Item