KETERAMPILAN SOSIAL ANAK USIA DINI DI PAUD MAWAR MERAH DESA SELOPAMPANG, KECAMATAN SELOPAMPANG, KABUPATEN TEMANGGUNG


Meldati Jani Janah, 1201416046 (2020) KETERAMPILAN SOSIAL ANAK USIA DINI DI PAUD MAWAR MERAH DESA SELOPAMPANG, KECAMATAN SELOPAMPANG, KABUPATEN TEMANGGUNG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KETERAMPILAN SOSIAL ANAK USIA DINI DI PAUD MAWAR MERAH DESA SELOPAMPANG, KECAMATAN SELOPAMPANG, KABUPATEN TEMANGGUNG] PDF (KETERAMPILAN SOSIAL ANAK USIA DINI DI PAUD MAWAR MERAH DESA SELOPAMPANG, KECAMATAN SELOPAMPANG, KABUPATEN TEMANGGUNG) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kata Kunci: Keterampilan Sosial, Anak Usia Dini, PAUD. Keterampilan sosial, penting dimiliki sejak anak usia dini karena untuk menjadikannya sebagai individu yang dapat berperilaku sesuai dengan tuntutan lingkungan sosialnya, mengatasi konflik, menentukan perilaku yang dapat diterima oleh teman, menyesuaikan diri dan berinteraksi dengan lingkungannya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai keterampilan sosial anak usia dini serta faktor-faktor yang menghambat dan mendukung keterampilan sosial anak usia dini yang ada di PAUD Mawar Merah Desa Selopampang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi. Lokasi penelitian berada di PAUD Mawar Merah Desa Selopampang, Kecamatan Selopampang, Kabupaten Temanggung. Subjek penelitian terdiri dari 2 responden yang terdiri dari 1 pendidik dan 1 pendidik yang sekaligus menjadi ketua lembaga PAUD, serta dua wali murid sebagai informan. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan sosial anak usia dini di PAUD Mawar Merah adalah: 1) Dalam mengembangkan keterampilan sosial peserta didik, pendidik menerapkan metode pembelajaran yang sering diterapkan yaitu bermain dan bercerita, 2) Interaksi sosial berjalan dengan baik sudah sesuai standar proses pembelajaran untuk mengembangkan keterampilan sosial anak usia dini oleh Permendikbud yaitu adanya SOP yang diberlakukan. 3) Dalam sikap saling menghormati dan menghargai di PAUD Mawar Merah dengan menerapkan tiga kata ajaib yaitu tolong, terimakasih dan maaf. Serta terdapat faktor penghambat diantaranya: faktor emosi anak yang berbeda-beda; adanya penggunaan “gadget” pada anak; serta faktor ekonomi. Sedangkan faktor pendukungnya yaitu: pola asuh orang tua, sarana prasarana, lingkungan yang mendukung di PAUD, serta metode bermain yang diterapkan dalam pembelajaran di PAUD Mawar Merah. Simpulan dari penelitian yaitu keterampilan sosial anak usia dini tiap peserta didik di PAUD Mawar Merah berbeda-beda serta adanya faktor yang menghambat dan mendukung anak usia dini dalam mengembangkan keterampilan sosial diantaranya faktor pendidik, faktor emosi, teman bermain, pola asuh, sarana dan prasarana. Serta berisi saran untuk mengembangkan keterampilan sosial anak usia dini, sebaiknya pendidik lebih mengembangkan metode pembelajaran lainnya seperti metode bermain peran serta lebih melengkapi sarana dan prasarana yang mendukung peserta didik dalam mengembangkan keterampilan sosial anak usia dini.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Keterampilan Sosial, Anak Usia Dini, PAUD.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 18 Sep 2021 04:17
Last Modified: 18 Sep 2021 04:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46512

Actions (login required)

View Item View Item