PENANAMAN RASA PERCAYA DIRI PADA REMAJA DI SOS CHILDREN’S VILLAGE SEMARANG


Syadza Salsabila Hape, 1201416045 (2020) PENANAMAN RASA PERCAYA DIRI PADA REMAJA DI SOS CHILDREN’S VILLAGE SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENANAMAN RASA PERCAYA DIRI PADA REMAJA DI SOS CHILDREN’S VILLAGE SEMARANG] PDF (PENANAMAN RASA PERCAYA DIRI PADA REMAJA DI SOS CHILDREN’S VILLAGE SEMARANG) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kata Kunci: Penanaman Rasa Percaya Diri, Remaja, SOS Children’s Village. Rasa percaya diri, penting dimiliki remaja karena dapat menjadikannya sebagai individu yang dapat memahami kekurangan dan kelebihan diri, memiliki harga diri, memiliki sikap positif dan bertanggung jawab pada setiap tindakan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai upaya penanaman rasa percaya diri dan faktor-faktor yang memengaruhi tertanamnya rasa percaya diri pada remaja yang terdapat di SOS Children’s Village Semarang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yakni pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Lokasi penelitian di SOS Children’s Village Semarang. Subjek penelitian terdiri dari 6 responden yang terdiri dari 3 ibu asuh dan 3 remaja, serta wakil pimpinan sekaligus pembina SOS sebagai informan. Teknik keabsahan data menggunakan uji kredibilitas yakni triangulasi sumber dan teknik. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penanaman rasa percaya diri pada remaja di SOS Children’s Village Semarang yakni: 1) Orang tua pengganti (ibu asuh menerapkan pola asuh demokratis dan otoriter, remaja diberi kebebasan akan tetapi tetap ada aturan yang diterapkan dan ada sanksi yang sudah disepakati apabila itu dilanggar, 2) Upaya orang tua pengganti (ibu asuh) dalam menanamkan rasa percaya diri yakni dengan memberikan contoh dari hal-hal kecil seperti dalam berperilaku, orang tua pengganti (ibu asuh) juga berusaha selalu ada ketika remaja merasa takut dalam menghadapi masalah baru dan yang terpenting mereka menanamkan pola pikir positif pada remaja. Serta terdapat faktor-faktor yang memengaruhi upaya penanaman rasa percaya diri remaja di SOS Children’s Village Semarang antara lain, pergaulan yang dijadikan sebagai pengalaman hidup, fasilitas penunjang pendidikan, hubungan dengan teman sebaya dan dukungan dari orang tua, kondisi fisik remaja, dan harga diri. Simpulan dari penelitian yakni penanaman rasa percaya diri pada remaja di SOS Children’s Village Semarang menggunakan pola asuh demokratis dan otoriter serta terdapat faktor yang memengaruhi remaja dalam penanaman rasa percaya diri diantaranya pergaulan, fasilitas penunjang pendidikan, hubungan dengan teman sebaya dan dukungan orang tua, kondisi fisik, serta harga diri.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Penanaman Rasa Percaya Diri, Remaja, SOS Children’s Village.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 18 Sep 2021 04:06
Last Modified: 18 Sep 2021 04:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46510

Actions (login required)

View Item View Item