IMPLEMENTASI PENDEKATAN BEYOND CENTER CIRCLE TIME (BCCT) PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI PAUD JUNIOR SKB UNGARAN


Dinda Shafira Rahma Yasmin, 1201416017 (2021) IMPLEMENTASI PENDEKATAN BEYOND CENTER CIRCLE TIME (BCCT) PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI PAUD JUNIOR SKB UNGARAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of IMPLEMENTASI PENDEKATAN BEYOND CENTER CIRCLE TIME (BCCT) PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI PAUD JUNIOR SKB UNGARAN] PDF (IMPLEMENTASI PENDEKATAN BEYOND CENTER CIRCLE TIME (BCCT) PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI PAUD JUNIOR SKB UNGARAN) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kata Kunci: Pendidikan Anak Usia Dini, Pendekatan Beyond Center Circle Time (BCCT) Pentingnya pendidikan pada anak sejak usia dini sebagai dasar perkembangan kepribadian di usia emas (golden age) sebagai dasar pelaksanaan Pendidikan Anak Usia Dini dengan pendekatan Beyond Center Circle Time (BCCT) atau yang dikenal sebagai pendekatan Sentra dan Saat Lingkaran dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Tujuan dari penelitian adalah untuk mendeskripsikan implementasi pendekatan BCCT pada masa Pandemi Covid-19 di PAUD Junior SKB Ungaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode yang digunakan deskriptif. Subjek penelitian berjumlah 4 orang yaitu 1 pendidik PAUD Junior SKB Ungaran, 1 pengelola PAUD Junior SKB Ungaran, 2 orangtua/wali murid PAUD Junior SKB Ungaran. Data yang diperoleh peneliti dengan cara melakukan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, serta dokumentasi. Data kemudian dianalisis dengan direduksi, disajikan lalu ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada implementasinya, (1) Implementasi pendekatan Beyond Center Circle Time (BCCT) hanya sebagian yang dilaksanakan seperti kegiatan pembuka hanya membaca do’a akan belajar, kegiatan inti hanya mengerjakan tugas inti, dan kegiatan penutup hanya membaca do’a selesai belajar yang setelah itu akan dikirim melalui aplikasi berbalas pesan. (2) Hambatan dirasakan oleh pendidik dan orangtua/wali murid dikarenakan implementasinya dengan cara daring dan dalam pengawasan orangtua/wali murid. (3) Solusi PAUD Junior SKB Ungaran dalam mengatasi hambatan adalah dengan melakukan home visit walaupun tidak dianjurkan oleh pemerintah. Simpulan dari penelitian ini adalah dalam Implementasi Pendekatan BCCT pada masa Pandemi Covid-19 di PAUD Junior SKB Ungaran tidak sepenuhnya terlaksana, dikarenakan implementasinya yang dilakukan secara daring dengan pengawasan orangtua/wali murid pembelajaran tidak dipersulit jadi hanya melakukan beberapa langkah saja seperti do’a akan belajar, tugas inti, dan do’a setelah belajar. Banyak hambatan yang dirasakan dari pendidik maupun orangtua/wali murid, dari PAUD Junior mengambil langkah untuk home visit agar mengatasi hambatan pelaksanaan belajar daring walaupun tidak dianjurkan oleh pemerintah. Saran untuk pendidik agar lebih aktif menanyakan bagaimana pelaksanaan pembelajaran dirumah kepada orangtua, untuk orangtua agar lebih memperbanyak literasi mengenai parenting.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Pendidikan Anak Usia Dini, Pendekatan Beyond Center Circle Time (BCCT)
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 17 Sep 2021 16:47
Last Modified: 17 Sep 2021 16:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46502

Actions (login required)

View Item View Item