MANAJEMEN PEMBELAJARAN ERA COVID-19 PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI KASIH IBU DI DESA BANYUURIP KABUPATEN PATI


Elfrida Agissa Kumaila, 1201416016 (2020) MANAJEMEN PEMBELAJARAN ERA COVID-19 PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI KASIH IBU DI DESA BANYUURIP KABUPATEN PATI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of MANAJEMEN PEMBELAJARAN ERA COVID-19 PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI KASIH IBU DI DESA BANYUURIP KABUPATEN PATI] PDF (MANAJEMEN PEMBELAJARAN ERA COVID-19 PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI KASIH IBU DI DESA BANYUURIP KABUPATEN PATI) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kata Kunci: Anak Usia Dini, Covid-19, Manajemen Pembelajaran. Pandemi Covid-19 yang mewabah keseluruh penjuru dunia sangat berpengaruh pada kehidupan manusia. Tak terkecuali di negara Indonesia, hal tersebut juga berdampak pada berbagai bidang kehidupan. Berkaitan dengan pendidikan, permasalahan yang timbul selama pembelajaran era pandemi menjadikan seluruh elemen pendidikan merancang suatu pembelajaran yang disesuaikan dengan situasi dan kondisi yang terjadi. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan mengenai manajemen pembelajaran di PAUD Kasih Ibu selama masa pandemi Covid-19, serta faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran era Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi. Terdapat 6 subyek penelitian yang terdiri dari 1 kepala sekolah KB, 1 kepala sekolah TK, 1 guru KB, 1 guru TK, dan 2 perwakilan dari orangtua murid PAUD Kasih Ibu. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara serta dokumentasi. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan metode. Serta teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan pembelajaran PAUD kasih Ibu menerapkan kurikulum darurat Covid-19 selama masa pandemi berlangsung; (2) Pelaksanaan pembelajaran selama pandemi dengan menerapkan pembelajaran kombinasi yaitu daring dan luring; (3) Evaluasi/Penilaian pembelajaran dilakukan dengan mengamati hasil belajar anak selama BDR; serta (4) Pengawasan pembelajaran yang dilakukan oleh pengawas/penilik dari Dinas Pendidikan selama 1 bulan sekali yang mengacu pada penerapan pembelajaran daring-luring serta fasilitas sarana-prasarana selama pandemi berlangsung. Penerapan kurikulum darurat Covid-19 sebagai acuan dalam pembelajaran menjadikan faktor pendukung sedangkan dalam faktor penghambat yang ditemukan adalah kesibukan orangtua selama pembelajaran BDR. Simpulan dalam penelitian ini bahwa manajemen pembelajaran PAUD Kasih Ibu telah dilakukan sesuai dengan Permendikbud No. 137 Tahun 2014 pasal 11 Tentang Standar Nasional PAUD yang terdiri atas perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, penilaian pembelajaran serta pengawasan pembelajaran selama pandemi Covid-19 yang dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan serta menyesuaikan situasi dan kondisi daerah tersebut. Manfaat penelitian ini dapat membantu pendidik sebagai acuan dalam proses menuju tahap pembaharuan dan lebih berkembang pada manajemen pembelajaran selama era Covid-19.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Anak Usia Dini, Covid-19, Manajemen Pembelajaran.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 17 Sep 2021 16:43
Last Modified: 17 Sep 2021 16:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46501

Actions (login required)

View Item View Item