PENGELOLAAN EDUWISATA DESWITA LEMBAH ASRI (D’LAS) SERANG


Asfarin Nafisah, 1201416015 (2021) PENGELOLAAN EDUWISATA DESWITA LEMBAH ASRI (D’LAS) SERANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGELOLAAN EDUWISATA DESWITA LEMBAH ASRI (D’LAS) SERANG] PDF (PENGELOLAAN EDUWISATA DESWITA LEMBAH ASRI (D’LAS) SERANG) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kata Kunci: Pengelolaan, Eduwisata, D’LAS Penelitian ini dilatar belakangi oleh dukungan dan antusiasnya masyarakat terhadap pengelolaan Deswita Lembah Asri (D’LAS) Serang. Permasalahan dalam penelitian ini adalah pengelolaan Deswita Lembah Asri (D’LAS) Serang serta faktor pendukung dan penghambat. Penelitian ini berjutuan untuk mendeskripsikan tentang 1) Pengelolaan Program Eduwisata Deswita Lembah Asri (D’LAS) Serang, 2) Faktor pendukung dan penghambat pengelolaan eduwisata Deswita Lembah Asri (D’LAS) Serang. Metode penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian meliputi 3 Pegawai D’LAS, 2 Tour Guide, 1 Penjual Aksesoris, dan 2 Wisatawan. Lokasi penelitian adalah Deswita Lembah Asri (D’LAS) Serang, Kecamatan Karangreja, Kabupaten Purbalingga. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber dan teknik. Teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ialah didapatkannya data mengenai 1) Pengelolaan eduwisata Deswita Lembah Asri (D’LAS) Serang mulai dari a) Tahapan Perencanaan yang meliputi identifikasi kebutuhan desa, perumusan alternatif masalah, Strategi penentuan pencapaian tujuan. b) Pelaksanaan meliputi pengelolaan daya Tarik wisatawan berwawasan edukasi, adanya tour guide, terciptanya kegiatan usaha masyarakat, kunjungan wisatawan, pendanaan D’LAS, hingga fasilitas D’LAS. c) Pengawasan yang terbagi menjadi dua yaitu Internal dan Eksternal. Partisipasi masyarakat dalam pengelolaan eduwisata Deswita Lembah Asri (D’LAS) Serang terlihat dari tahapan Perencanaan, Pelaksanaan dan Pengawasan. 2) Faktor pendukung yaitu kepedulian masyarakat dan pemerintah Desa yang didukung dengan Potensi Desa Serang sedangkan Faktor Penghambat Pengelolaan eduwisata Deswita Lembah Asri (D’LAS) Serang ialah cuaca, pendanaan yang masih minim. Simpulan dan hasil penelitian adalah Pengelolaan Eduwisata Deswita Lembah Asri (D’LAS) Serang berbasis masyarakat dilihat dari keterlibatan masyarakat mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan. Desa Serang memiliki banyak manfaat bagi warga desa mulai dari desa menjadi diketahui banyak wisatawan dan dapat meningkatkan perekonomian. Saran bagi pengelola Deswita Lembah Asri (D’LAS) Serang dalam pengelolaan sarana dan prasarana akan lebih baik jika ditambah dengan adanya tempat untuk berteduh dan tempat sampah dalam hal promosi lebih ditingkatkan lagi agar semakin maju dan terkenal di kalangan masyarakat lokal maupun mancanegara.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Pengelolaan, Eduwisata, D’LAS
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 17 Sep 2021 16:39
Last Modified: 17 Sep 2021 16:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46500

Actions (login required)

View Item View Item