IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PELATIHAN BISNIS MANAJEMEN DI BALAI BESAR PENGEMBANGAN LATIHAN KERJA (BBPLK) KOTA SEMARANG


Ade irawan, 1201415063 (2020) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PELATIHAN BISNIS MANAJEMEN DI BALAI BESAR PENGEMBANGAN LATIHAN KERJA (BBPLK) KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PELATIHAN BISNIS MANAJEMEN DI BALAI BESAR PENGEMBANGAN LATIHAN KERJA (BBPLK) KOTA SEMARANG] PDF (IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PELATIHAN BISNIS MANAJEMEN DI BALAI BESAR PENGEMBANGAN LATIHAN KERJA (BBPLK) KOTA SEMARANG) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Kata Kunci: Implementasi Pembelajaran Pelatihan Bisnis Manajemen di BBPLK Kota Semaranang Pembelajaran pelatihan bisnis manajemen di BBPLK Kota Semarang dilatar belakangi oleh banyaknya jumlah lulusan SMA maupun SMK yang kesulitan memasuki kriteria masuk perusahaan karena kurangnya ketrampilan, oleh karena itu warga belajar mengikuti pelatihan.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran pelatihan bisnis manajemen dan mengetahui faktor pendorong dan penghambat dalam pembelajarn pelatihan bisnis manajemen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian berjumlah 3 orang yaitu Kepala SDM Aparatur BBPLK Semarang, 2 Instruktur, sedangkan infroman 3 orang yaitu warga belajar pelatihan bisnis manajemen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini, menunjukan adanya implementasi pembelajaran pelatihan yang terjadi di BBPLK Kota Semarang adalah (1) implementasi pembelajaran langsung, dimana yang diterapkan instrukstur yaitu dengan metode ceramah dan implementasi pembelajaran tidak langsung yaitu dengan metode observasi, partik lapangan, serta penyelidikan, pembelajaran pelatihan bisnis manajemen di BBPLK Kota Semarang, (2) faktor pendorong pembelajaran pelatihan bisnis manajemen ini adalah motivasi peserta pelatihan yang tinggi, hal ini baik guna meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan yang meraka miliki serta sarana prasarana yang di sediakan pihak lembaga, seperti proyektor, buku pelajaran, tempat praktikum, musola dan jaringat internet dll sedangkan faktor penghambatnya adalah disiplin waktu yang kurang bagi para peserta pelatihan hal ini dibuktikan dengan masih banyaknya peserta pelatihan yang datang terlambat pada saat pergantian pelajaran serta lokasi pelatihan yang jauh dari sebagian peserta pelatihan, karena kebanyakan meraka datang dari luar daerah. Simpulan dari penelitian ini adalah dalam proses pembelajaran pelatihan bisnis manajemen telah berjalan sesuai tujuan dengan memberikan beberapa ketrampilan yang menjadikan warga belajar lebih kreatif dengan pengembangan pengetahuan serta keterampilan. Sedangkan pada faktor penghambat yaitu disipilin waktu yang kurang, lokasi BBPLK Yang jauh dari sebagian peserta pelatihan. Saran yang diberikan untuk faktor penghambat hendaknya instruktur memberikan motivasi mengenai dampak positif yang akan diterima setelah mengikuti kegiatan pembelajaran pelatihan bisnis manajemen di BBPLK Semarang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Implementasi Pembelajaran Pelatihan Bisnis Manajemen di BBPLK Kota Semaranang
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 17 Sep 2021 16:36
Last Modified: 17 Sep 2021 16:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46499

Actions (login required)

View Item View Item