MANAJEMEN PEMBELAJARAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI PKBM (PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT) TALENTA KOTA SEMARANG


Dyah Ayu Kemaladevi, 1201415009 (2020) MANAJEMEN PEMBELAJARAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI PKBM (PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT) TALENTA KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of MANAJEMEN PEMBELAJARAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI PKBM (PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT) TALENTA KOTA SEMARANG] PDF (MANAJEMEN PEMBELAJARAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI PKBM (PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT) TALENTA KOTA SEMARANG) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kata Kunci : Manajemen Pembelajaran, Anak Berkebutuhan Khusus. Penelitian ini dilatarbelakangi untuk masyarakat yang belum bisa mendapatkan pendidikan yang layak karena memiliki keterbelakangan secara fisik, maupun kognitif diharapkan tetap semangat untuk mengikuti pembelajaran supaya dapat mengembangkan potensi yang dimiliki. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan manajemen pembelajaran anak berkebutuhan khusus dimulai dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran anak berkebutuhan khusus. Desain penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian 2 guru PKBM Talenta, informan penelitian kepala PKBM Talenta, 2 orangtua peserta didik pembelajaran anak berkebutuhan khusus. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu pedoman observasi dan pedoman wawancara. Keabsahan data dalam penelitian menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Teknik analisis data yang digunakan melalui reduksi data, penyajian data dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian manajemen pembelajaran mencakup perencanaan pembelajaran dilakukan dengan menetapkan menggunakan kurikulum 2013 yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan anak, metode yang digunakan antara lain ceramah dan praktek secara langsung. Evaluasi pembelajaran dilaksanakan berdasarkan pada waktu evaluasi yang dilaksanakan setiap akhir bulan, dilaksanakan oleh guru dan kepala pkbm dan bentuk evaluasi dibuat secara tertulis. Simpulan penelitian ini adalah manajemen pembelajaran anak berkebutuhan khusus berjalan menyesuaikan perkembangan anak berkebutuhan khusus yang terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. Saran yang dapat diberikan yaitu pihak sekolah hendaknya mengikutsertakan guru untuk mengikuti seminar yang berkaitan dengan pembelajaran yang baik bagi anak berkebutuhan khusus.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Manajemen Pembelajaran, Anak Berkebutuhan Khusus
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 17 Sep 2021 16:26
Last Modified: 17 Sep 2021 16:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46497

Actions (login required)

View Item View Item