PENGGUNAAN TEKNOLOGI PADA MATA PELAJARAN PPKN SEBAGAI BENTUK IMPLEMENTASI PENDIDIKAN ANTIKORUPSI DI SMA N 12 SEMARANG


Risqi Yuliati, 1102416041 (2020) PENGGUNAAN TEKNOLOGI PADA MATA PELAJARAN PPKN SEBAGAI BENTUK IMPLEMENTASI PENDIDIKAN ANTIKORUPSI DI SMA N 12 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGGUNAAN TEKNOLOGI PADA MATA PELAJARAN PPKN SEBAGAI BENTUK IMPLEMENTASI PENDIDIKAN ANTIKORUPSI DI SMA N 12 SEMARANG] PDF (PENGGUNAAN TEKNOLOGI PADA MATA PELAJARAN PPKN SEBAGAI BENTUK IMPLEMENTASI PENDIDIKAN ANTIKORUPSI DI SMA N 12 SEMARANG) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Kata Kunci: Implementasi, Pendidikan Antikorupsi, Teknologi, PPKn, SMA N 12 Semarang. Penggunaan teknologi pada masa sekarang adalah tindakan wajib dilakukan untuk proses pembelajaran. Adanya pandemi menyebabkan inovasi di dunia pendidikan dengan mengadopsi pendidikan jarak jauh. Masyarakat telah beradaptasi untuk mendapatkan pengetahuan melalui proses pembelajaran di sekolah yaitu dengan memanfaatkan teknologi. Tindak korupsi di indonesia yang tak kunjung usai, dapat diatasi dengan penerapan pendidikan antikorupsi sehingga nilai-nilai pendidikan antikorupsi sangat penting untuk diterapkan di seluruh sektor pendidikan di Indonesia sebagai sarana pencegahan dari segala tindak korupsi. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui tahapan penerapan penggunaan teknologi pada mata pelajaran PPKn sebagai bentuk implementasi pendidikan antikorupsi di SMA N 12 Semarang dan untuk mengetahui penerapan nilai-nilai Pendidikan antikorupsi dengan adanya penerapan teknologi pada mata pelajaran PPKN sebagai bentuk implementasi Pendidikan antikorupsi di SMA N 12 Semarang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti yaitu observasi, wawancara, dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis komparasi konstan, peneliti mengamati, mengumpulkan dan mengorgannisasi data serta membentuk teori dari data pada waktu bersamaan, serta mengkomparasi konstan (tetap) dimana setiap data dibandingkan dengan semua data lainnya satu persatu. Dalam penelitian ini dilakukan kepada guru dan siswa di SMA N 12 Semarang. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa tahapan penerapan pendidikan antikorupsi yang meliputi pengenalan, pemahaman, serta penerapan. Penerapan pendidikan antikorupsi di SMA N 12 Semarang telah terintegrasi dalam mata pelajaran PPKn itu sendiri. Dengan materi yang hanya sedikit saja, sehingga menuntut guru untuk lebih kreatif dalam mengambangkan RPP. Nilai-nilai antikorupsi telah diterapkan, ditanamkan serta diaktualisasikan dalam kehidupan sehari-hari oleh peserta didik sebagaian besar meskipun masih ada sebagian kecil yang belum menerapkan akan tetapi masih cukup bagus pekembanagnnya sehingga nilai-nilai antikorupsi secara garis besar telah ter internalisasi dalam diri peserta didik di SMA N 12 Semarang terutama kelas X IPS 2. Nilai-nilai yang muncul pada peserta didik yaitu nilai jujur, disiplin, tanggungjawab, sederhana, kerja keras, mandiri, adil, berani, peduli sudah tertanam dalam diri peserta didik. Implikasi bagi bidang ilmu dalam penelitian ini yaitu menjadi kajian bagi pengembang kurikulum terkait program pendidikan antikorupsi yang sangat penting ditanamkan bagi generasi muda serta menjadi referensi dan sumber bacaan bagi peneliti lainnya terkait pendidikan antikorupsi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Implementasi, Pendidikan Antikorupsi, Teknologi, PPKn, SMA N 12 Semarang.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 17 Sep 2021 15:45
Last Modified: 17 Sep 2021 15:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46493

Actions (login required)

View Item View Item