PENGEMBANGAN MULTIMEDIA BERBASIS PREZI PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN KELAS X DI SMA N 12 SEMARANG


Ahmad Mahardika, 1102416026 (2020) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA BERBASIS PREZI PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN KELAS X DI SMA N 12 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MULTIMEDIA BERBASIS PREZI PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN KELAS X DI SMA N 12 SEMARANG] PDF (PENGEMBANGAN MULTIMEDIA BERBASIS PREZI PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN KELAS X DI SMA N 12 SEMARANG) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Kata Kunci : Pengembangan Multimedia, Prezi, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Hasil Belajar Berdasarkan hasil observasi di SMA N 12 Semarang, diketahui masalah bahwa menurunnya hasil belajar peserta didik pada materi ancaman terhadap negara dalam bingkai bhinneka tunggal ika dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan yang dilihat dari ulangan hariannya rata-rata 65 dan KKMnya 78, sehingga 70% siswa melakukan remidial. Salah satu penyebabnya karena kurangnya inovasi dan variasi dalam menggunakan media pembelajaran sebagai penunjang guru dalam penyampaian materi pelajaran. Setelah melakukan pengkajian peneliti menemukan media yang sesuai diterapkan pada pelajaran PPKn adalah media pembelajaran berbasis prezi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana keefektifan media pembelajaran berbasis prezi dalam menunjang pembelajaran PPKn. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa pengembangan media pembelajaran yang dilakukan peneliti telah memenuhi syarat dan efektif untuk diterapkan. Pernyataan tersebut berdasarkan hasil validasi aspek kurikulum, materi, dan Bahasa oleh ahli materi sebesar 93,5% dinyatakan sangat baik. Sedangkan rata-rata hasil validasi aspek tampilan program, materi, penulisan, multimedia, dan pembelajaran oleh ahli media sebesar 87,91% dinyatakan sangat baik. Hasil uji t diperolah nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,028, sehingga nilai signifikasi < 0,05 yakni 0,028 < 0,05, maka Ha terima. Sedangkan hasil uji N-Gain pada media sebesar 0.48 dinyatakan kategori sedang, maka hasil efektitas sebesar 1,67. Untuk rata-rata penilaian media oleh peserta didik pada aspek hasil produk dan keefektifan bagi siswa sebesar 92,35% dinyatakan sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis prezi efektif digunakan dalam pembelajaran dan memiliki nilai yang signifikan pada hasil belajar peserta didik. Sehingga media tersebut sangat layak untuk dimanfaatkan dalam pembelajaran di SMA N 12 Semarang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Pengembangan Multimedia, Prezi, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Hasil Belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 17 Sep 2021 15:39
Last Modified: 17 Sep 2021 15:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46492

Actions (login required)

View Item View Item