PENGARUH MANAJEMEN SEKOLAH PENINGKATAN KOMPETENSI PENDIDIK DI BERGAS KABUPATEN


Aprilia Windi Arum Sari, 1102416021 (2020) PENGARUH MANAJEMEN SEKOLAH PENINGKATAN KOMPETENSI PENDIDIK DI BERGAS KABUPATEN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH MANAJEMEN SEKOLAH PENINGKATAN KOMPETENSI PENDIDIK DI BERGAS KABUPATEN] PDF (PENGARUH MANAJEMEN SEKOLAH PENINGKATAN KOMPETENSI PENDIDIK DI BERGAS KABUPATEN) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Kata Kunci : manajemen sekolah, kompetensi guru, peningkatan kompetensi Penelitian ini dilatar belakangi oleh manajemen sekolah yang meliputi kepemimpinan sekolah, pengelolaan tenaga pendidik, pengelolaan sekolah sebagai faktor pengaruh kualiatas guru yang dituntut untuk menguasai berbagai kompetensi dalam dunia pendidikan, kualitas pendidikan berpangkal pada guru untuk mencapai pendidikan yang baik. Seperti yang tertuang dalam Undang- Undang No.20 Tahun 2003 yang mengatur tentang standar nasional pendidikan, pendidik harus memiliki kualifikasi minimum dan sertifikasi sesuai dengan jenjang kewenangan mengajar. Untuk mengatasi hal tersebut melalui pengelolaan sekolah yang dipengaruhi oleh kepala sekolah, sekolah perlu meningkatkan kompetensi guru dengan berbagai program. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan manajemen sekolah dalam peningkatan kompetensi guru yang dimiliki guru di SMA N 1 Bergas. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 45 guru. Sampel penelitian berjumlah 45 guru di SMA N 1 Bergas, pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik total sampling, yaitu teknik pengambilan sampel dimana jumlah sampel sama dengan populasi. Dalam penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif yang dapat digolongkan dalam penelitian asosiatif, penelitian asosiatif merupakan penelitian yang dilakukan untuk mencari hubungan atau pengaruh sebab akibat yaitu hubungan atau pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi sederhana dengan hasil pelaksanaan manajemen sekolah terhadap kompetensi guru di SMA 1 Bergas Kabupaten Semarang memiliki nilai koefisien regresi bernilai positif (+), maka dengan demikian dapat dikatakan bahwa pelaksanaan manajemen sekolah (X) berpengaruh positif terhadap kompetensi guru (Y), sehingga persamaan regresinya adalah Y= 16,362 + 0,133 X. Dan pengujian prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Semua penghitungan diolah menggunakan program SPSS versi 16. Hasil penelitian menunjukan bahwa : 1) Persepsi guru tentang manajemen sekolah di SMA N 1 Bergas termasuk dalam kategori Baik dengan nilai rata-rata 3,32, 2) Kompetensi guru yang ada di SMA N 1 Bergas termasuk dalam kategori sangat Baik dengan nilai rata-rata 0.97, 3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara manajemen sekolah terhadap kompetensi guru. Berdasarkan perhitungan diperoleh hasil bahwa pelaksanaan manajemen sekolah berpengaruh positif terhadap kompetensi guru.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : manajemen sekolah, kompetensi guru, peningkatan kompetensi
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 17 Sep 2021 15:34
Last Modified: 17 Sep 2021 15:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46491

Actions (login required)

View Item View Item