PERSEPSI GURU TERHADAP PROGRAM PENJAMINAN MUTU DAN KINERJA PEMBELAJARANNYA DI SEKOLAH MODEL


Herni Perta Suci, 1102416020 (2020) PERSEPSI GURU TERHADAP PROGRAM PENJAMINAN MUTU DAN KINERJA PEMBELAJARANNYA DI SEKOLAH MODEL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PERSEPSI GURU TERHADAP PROGRAM PENJAMINAN MUTU DAN KINERJA PEMBELAJARANNYA DI SEKOLAH MODEL] PDF (PERSEPSI GURU TERHADAP PROGRAM PENJAMINAN MUTU DAN KINERJA PEMBELAJARANNYA DI SEKOLAH MODEL) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kata Kunci : persepsi guru, program penjaminan mutu, kinerja pembelajaran guru, sekolah model Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya mutu pendidikan di Indonesia, salah satunya ditinjau dari kinerja pembelajaran guru yang masih rendah. Pemerintah telah berupaya untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia melalui program penerapan sekolah model SPMI, sekolah terpilih diharapkan dapat menjadi model penerapan SPMI bagi sekolah imbas di sekitarnya sehingga tercipta budaya mutu pada setiap satuan pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) Persepsi guru mengenai program penjaminan mutu di sekolah model, 2) Kinerja pembelajaran guru di sekolah model, dan 3) Pengaruh antara persepsi guru tentang program penjaminan mutu terhadap kinerja pembelajaran guru. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Subjek penelitian ini sebanyak 30 guru mata pelajaran di SMA N 4 Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner untuk mengukur persepsi guru tentang program penjaminan mutu, dan pedoman observasi untuk mengukur kinerja pembelajaran guru. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan : 1) Persepsi guru tentang program penjaminan mutu sekolah model di SMA N 4 Semarang termasuk dalam kategori Baik. Berdasarkan indikator standar mutu, prosedur mutu, audit mutu, continuous improvement, dan leadership commitment masuk dalam kategori Baik, 2) Kinerja pembelajaran guru sekolah model di SMA N 4 Semarang termasuk dalam kategori Baik. Berdasarkan indikator perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, hingga penilaian atau evaluasi pembelajaran masuk dalam kategori Baik. 3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara persepsi guru tentang program penjaminan mutu terhadap kinerja pembelajaran guru. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh nilai R square sebesar 0,695 menunjukkan bahwa pengaruh yang diberikan yaitu sebesar 69,5%. penambahan 1% nilai persepsi guru tentang program penjaminan mutu, maka nilai kinerja pembelajaran guru bertambah sebesar 0,783. Saran dalam penelitian ini : 1) Bagi Guru, diharapkan guru dapat mengevaluasi kinerja pembelajaran guru dan mau membuka diri terhadap kekurangan yang ada guna peningkatan kinerja pembelajaran guru dan tercapainya peningkatan mutu sekolah; 2) Bagi Sekolah, diharapkan sekolah dapat mengevaluasi pelaksanaan program penjaminan mutu sekolah dan mau membuka diri terhadap kekurangan yang ada dan mau menerima masukan-masukan demi peningkatan pencapaian program penjaminan mutu sekolah; 3) Bagi Pemerintah, diharapkan pemerintah dapat senantiasa meningkatkan kualitas program penjaminan mutu demi tercapainya peningkatan mutu sekolah dan kualitas pendidikan di Indonesia.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : persepsi guru, program penjaminan mutu, kinerja pembelajaran guru, sekolah model
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 17 Sep 2021 15:27
Last Modified: 17 Sep 2021 15:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46490

Actions (login required)

View Item View Item