STUDI FENOMENOLOGI GURU TERHADAP KEBIJAKAN MERDEKA BELAJAR DALAM PENGELOLAAN PEMBELAJARAN DI SMKN 1 DEMAK TAHUN AJARAN 2020/2021
Ahmad Faaiq Al Waafiy, 1102416019 (2020) STUDI FENOMENOLOGI GURU TERHADAP KEBIJAKAN MERDEKA BELAJAR DALAM PENGELOLAAN PEMBELAJARAN DI SMKN 1 DEMAK TAHUN AJARAN 2020/2021. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF (STUDI FENOMENOLOGI GURU TERHADAP KEBIJAKAN MERDEKA BELAJAR DALAM PENGELOLAAN PEMBELAJARAN DI SMKN 1 DEMAK TAHUN AJARAN 2020/2021)
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Kata Kunci: Dampak, Respon, Guru, dan Merdeka Belajar Kebijakan Merdeka Belajar yang diusulkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan mulai diterapkan pada kegiatan pembelajaran di seluruh Indonesia tak terkecuali SMK N 1 Demak. Rapat koordinasi dengan Kepala DInas Pendidikan Seluruh Indonesia mencetuskan empat kebijakan Merdeka Belajar yaitu (1) Ujian Sekolah Berstandar Nasional, (2) Ujian Nasional, (3) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, dan (4) Peraturan Penerimaan Peserta Didik Baru Zonasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui deskripsi respon guru terhadap kebijakan merdeka belajar dalam pengelolaan pembelajaran di SMKN 1 Demak tahun ajaran 2020/2021 dan deskripsi makna guru terhadap dampak kebijakan merdeka belajar dalam pengelolaan pembelajaran di SMKN 1 Demak tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Metode pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, dokumentasi dan observasi. Penelitian dilakukan di SMK N 1 Demak. Subjek penelitian yaitu guru mata pelajaran normatif, adaptif, dan kejuruan. Teknik analisis menggunakan teknik Interpretative Phenomenological Analysys (IPA). Teknik keabsahan data melalui triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan merdeka belajar yang mendekati pandemi membuat pemaknaan guru sedikit berbeda karena guru beranggapan bahwa merdeka belajar merupakan kebijakan pembelajaran jarak jauh yang dicetuskan oleh Kemendikbud. Sedangkan konsep merdeka belajar sendiri adalah menciptakan suasana belajar yang bahagia dan menyenangkan tanpa dibebani dengan nilai dan target pencapaian tertentu. Guru memaknai penerapan kebijakan Merdeka Belajar membantu dalam hal penyederhanaan RPP. Selain itu, kebijakan ini dapat meningkatkan kemandirian siswa karena siswa diberikan kebebasan untuk lebih mengeksplorasi materi yang diberikan oleh guru.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Dampak, Respon, Guru, dan Merdeka Belajar |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1 |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1) |
Depositing User: | S.Hum Maria Ayu |
Date Deposited: | 17 Sep 2021 15:24 |
Last Modified: | 17 Sep 2021 15:24 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46489 |
Actions (login required)
View Item |