Pengaruh Aktivitas Study from Home dengan Program “Belajar dari Rumah” TVRI terhadap Hasil Belajar Matematika


Tirami Widyawati, 1102416018 (2020) Pengaruh Aktivitas Study from Home dengan Program “Belajar dari Rumah” TVRI terhadap Hasil Belajar Matematika. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Aktivitas Study from Home dengan Program “Belajar dari Rumah” TVRI terhadap Hasil Belajar Matematika] PDF (Pengaruh Aktivitas Study from Home dengan Program “Belajar dari Rumah” TVRI terhadap Hasil Belajar Matematika) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Study from Home, Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi adanya wabah covid-19 yang membuat pembelajaran dilaksanakan dari rumah. Salah satu media yang digunakan dalam study from home yaitu televisi, khususnya channel TVRI. Hal ini menyebabkan masalah baru karena pembelajaran dengan media televisi hanya bisa dilaksanakan secara satu arah yang akan berdampak pada hasil belajar siswa SD Negeri Tawangmas 2 Semarang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh pelaksanaan Study from Home dengan program “Belajar dari Rumah” TVRI terhadap hasil belajar matematika. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini sebanyak 30 siswa kelas IV SD Negeri Tawangmas 2 Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner untuk mengukur aktivitas study from home dan tes berupa hasil ulangan matematika untuk mengukur hasil belajar siswa. Teknik analisis menggunakan analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan (p=0.000) antara aktivitas study from home menggunakan program “Belajar dari Rumah” TVRI dengan hasil belajar matematika siswa. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh nilai R square sebesar 0.632 menunjukkan bahwa pengaruh yang diberikan yaitu sebesar 63.2%, penambahan satu satuan aktvitas study from home maka akan meningkatkan hasil belajar matematika siswa sebesar 1.151.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Study from Home, Hasil Belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 17 Sep 2021 15:21
Last Modified: 17 Sep 2021 15:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46488

Actions (login required)

View Item View Item