PENGEMBANGAN SISTEM PENGELOLAAN BAHAN AJAR KEMUHAMMADIYAHAN BERBASIS WORDPRESS UNTUK KELAS XI SMK MUHAMMADIYAH 1 SUKOHARJO


Rubyanto Prabowo, 1102416017 (2020) PENGEMBANGAN SISTEM PENGELOLAAN BAHAN AJAR KEMUHAMMADIYAHAN BERBASIS WORDPRESS UNTUK KELAS XI SMK MUHAMMADIYAH 1 SUKOHARJO. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN SISTEM PENGELOLAAN BAHAN AJAR KEMUHAMMADIYAHAN BERBASIS WORDPRESS UNTUK KELAS XI SMK MUHAMMADIYAH 1 SUKOHARJO] PDF (PENGEMBANGAN SISTEM PENGELOLAAN BAHAN AJAR KEMUHAMMADIYAHAN BERBASIS WORDPRESS UNTUK KELAS XI SMK MUHAMMADIYAH 1 SUKOHARJO) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Kata Kunci: Bahan Ajar; Kemuhammadiyahan: Sistem Pengelolaan; Wordpress Berdasarkan hasil pra penelitian yang dilakukan peneliti di SMK Muhammadiyah 1 Sukaharjo ditemukan permasalahan terkait kurangnya jam pembelajaran efektif pada pembelajaran Kemuhammadiyahan yang materinya banyak, terutama di kelas XI setelah melakukan kegiatan Prakerin. Materi Kemuhammadiyahan hanya siswa peroleh dari buku siswa maupun penjelasan guru, tidak seperti materi pembelajaran lain yang dapat dengan mudah siswa akses di berbagai platfrom pembelajaran secara daring. Hal tersebut mendorong peneliti untuk mengembangkan sistem pengelolaan bahan ajar Kemuhammadiyahan berbasis wordpress yang dapat diakses siswa dimanapun dan kapanpun. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana produksi sistem pengelolaan bahan ajar Kemuhammadiyahan berbasis wordpress serta seberapa efektif penggunaanya dalam menunjang pembelajaran Kemuhammadiyahan materi Matan Keyakinan dan Cita-cita Hidup Muhammadiyah. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE. Tahapan proses penelitian ini diawali dengan pengumpulan informasi serta menganalisis kebutuhan, perencanaan dan pengembangan instrumen, perancangan dan pembuatan sistem pengelolaan bahan ajar berbasis wordpress, penerapan sistem pengelolaan bahan ajar berbasis wordpress, dan pengujian berupa tes terhadap hasil belajar. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo, sedangkan sampel penelitian ini yaitu kelas XI TKJ SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni tes, angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem pengelolaan bahan ajar berbasis wordpress yang dikembangkan memenuhi syarat. Hal ini berdasar dari hasil validasi oleh ahli media sebesar 94% dalam kategori sangat layak dan oleh ahli materi menunjukkan hasil sebesar 93% dalam kategori sangat layak. Sedangkan rata-rata angket tanggapan siswa menunjukkan hasil 95% dalam kategori sangat layak dan angket tanggapan guru sebesar 92% dalam kategori sangat layak. Hasil uji keefektifan dengan menggunakan uji t (paired sample t-test) memperoleh nilai signifikansi = 0,000. Hasil uji T dapat dinyatakan signifikan apabila nilai signifikansi < 0,05. Sehingga nilai signifikasi < 0,05 yakni 0,000 < 0,05, maka Ha diterima atau terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara sebelum dan setelah menggunakan sistem pengelolaan bahan ajar Kemuhammadiyahan berbasis wordpress. Sedangkan hasil uji N-Gain menunjukkan hasil sebesar 0,450 dengan kategori sedang. Kesimpulannya adalah sistem pengelolaan bahan ajar Kemuhammadiyahan berbasis wordpress efektif digunakan dalam pembelajaran dan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Bahan Ajar; Kemuhammadiyahan: Sistem Pengelolaan; Wordpress
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 17 Sep 2021 14:57
Last Modified: 17 Sep 2021 14:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46487

Actions (login required)

View Item View Item