HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN LITERASI INFORMASI DENGAN KETERAMPILAN MENGAJAR GURU SMA NEGERI 1 BERGAS


Dona Pariana, 1102416014 (2020) HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN LITERASI INFORMASI DENGAN KETERAMPILAN MENGAJAR GURU SMA NEGERI 1 BERGAS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN LITERASI INFORMASI DENGAN KETERAMPILAN MENGAJAR GURU SMA NEGERI 1 BERGAS] PDF (HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN LITERASI INFORMASI DENGAN KETERAMPILAN MENGAJAR GURU SMA NEGERI 1 BERGAS) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kata Kunci: kemampuan literasi informasi, keterampilan mengajar guru, SMA Negeri 1 Bergas. Penelitian ini dilatar belakangi oleh perkembangan ilmu pengetahuan dan kehadiran teknologi informasi komunikasi menyebabkan penyebaran informasi semakin banyak dan beragam, namun tidak semua guru mempunyai kemampuan literasi informasi untuk mencari informasi yang sesuai dengan kebutuhan pembelajaran mereka. Para pakar telah mengembangkan banyak sekali model standar model literasi informasi, namun hanya ada tiga standar literasi informasi menurut International Federation of Library Associations (IFLA) yang digunakan untuk melihat literasi informasi individu secara umum yaitu kemampuan individu untuk 1) Accesss, 2) Evaluation, dan 3) Use informasi. Penelitian bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan literasi informasi yang dimiliki oleh guru SMA Negeri 1 Bergas serta untuk mengetahui apakah kemampuan literasi informasi yang dimiliki oleh seorang guru berpengaruh terhadap keterampilan mengajarnya. Subjek penelitian sebanyak 35 guru SMA Negeri 1 Bergas. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional dan untuk untuk menjawab pertanyaan penelitian dengan taraf kesalahan 5%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan literasi informasi guru SMA Negeri 1 Bergas tergolong pada tingkat kategori baik dengan skor rata-rata 64,57. Terdapat hubungan yang kuat antara kemampuan literasi informasi dengan keterampilan mengajar guru SMA Negeri 1 Bergas dengan hasil uji hipotesis ditemukan nilai tabel sebesar 2,030 dan diketahui nilai r hitung adalah 5,885>2,030, koefisien korelasi sebesar 0,716 dan signifikansi sebesar 0,000. Secara keseluruhan disimpulkan bahwa korelasi antara variabel kemampuan literasi informasi dengan keterampilan mengajar guru adalah kuat, positif (searah) dan signifikan. Maka dinyatakan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kemampuan literasi informasi dengan keterampilan mengajar guru. Oleh karena itu guru sebaiknya harus selalu meningkatkan kemampuan yang berkaitan dengan literasi informasi supaya keterampilan mengajar yang dimiliki juga meningkat. Melihat adanya hubungan antara kemampuan literasi dengan keterampilan mengajar guru, hendaknya perlu adanya upaya untuk peningkatan kemampuan literasi informasi terutama dalam kemampuan untuk melakukan penelusuran, menggunakan dan memanfaatkan sumber- sumber informasi yang tersedia dalam menunjang keterampilan mengajar guru di dalam kelas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: kemampuan literasi informasi, keterampilan mengajar guru, SMA Negeri 1 Bergas.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 17 Sep 2021 14:50
Last Modified: 17 Sep 2021 14:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46486

Actions (login required)

View Item View Item