HUBUNGAN ANTARA PEMANFAATAN TIK DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP KINERJA GURU DI SMP NEGERI 5 JEPARA


Zakiyatul Miskiyah, 1102415100 (2020) HUBUNGAN ANTARA PEMANFAATAN TIK DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP KINERJA GURU DI SMP NEGERI 5 JEPARA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of HUBUNGAN ANTARA PEMANFAATAN TIK DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP KINERJA GURU DI SMP NEGERI 5 JEPARA] PDF (HUBUNGAN ANTARA PEMANFAATAN TIK DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP KINERJA GURU DI SMP NEGERI 5 JEPARA) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kata Kunci : TIK, Pemanfatan TIK, Kinerja Guru Dengan berkembangnya kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi sekarang ini telah membawa pengaruh besar terhadap seluruh aspek kehidupan, terutama dalam pendidikan. Pemanfaatan dan pengembangan TIK dalam pendidikan dapat menjadikan proses pembelajaran lebih menarik dan efisien. Namun dengan belum siapnya guru dalam memanfaatkan TIK tentu hal tersebut tidak dapat dicapai dan juga dapat mempersulitnya dalam tugas-tugas guru lainnya seperti penginputan nilai siswa dan lain-lain yang sudah mulai digital saat ini. Hal ini tentu akan mengurangi kinerja bagi seorang guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah hubungan antara pemanfaatan TIK dalam pembelajaran dengan kinerja guru. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan metode penelitian deskriptif korelasional menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan di SMP N 05 Jepara dengan angket yang diberikan kepada 40 guru mata pelajaran di sana. Pengujian hipotesis dilakukan dengan teknik analisis Korelasi Bivariate Pearson menggunakan program SPSS 20. Hasil dari perhitungan Korelasi Bivariate Pearson, berdasarkan nilai signifikansi Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Maka Ho ditolak dan Ha diterima. Kemudian berdasarkan nilai r hitung (Pearson Correlation), nilai r hitung sebesar 0,571 > r tabel 0,312. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara variabel Pemanfatan TIK dalam Pembelajaran tehadap variabel Kinerja Guru. Lalu karena r hitung atau Pearson Correlation dalam analisis ini bernilai positif, maka hubungan antara variabel Pemanfaatan TIK dalam Pembelajaran dengan Variabel Guru bersifat positif. Artinya semakin meningkatnya pemanfatan TIK dalam pembelajaran maka akan meningkat juga kinerja seorang guru.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : TIK, Pemanfatan TIK, Kinerja Guru
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 17 Sep 2021 14:23
Last Modified: 17 Sep 2021 14:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46480

Actions (login required)

View Item View Item