PENGARUH KEBERFUNGSIAN LABORATORIUM MAYA TERHADAP HIGH ORDER THINKING SKILL (HOTS) UNTUK PENILAIAN ASPEK KOGNITIF PEMBELAJARAN FISIKA KELAS XI SMA NEGERI 1 REMBANG


FADHILA MARFU’AH, 1102415097 (2020) PENGARUH KEBERFUNGSIAN LABORATORIUM MAYA TERHADAP HIGH ORDER THINKING SKILL (HOTS) UNTUK PENILAIAN ASPEK KOGNITIF PEMBELAJARAN FISIKA KELAS XI SMA NEGERI 1 REMBANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH KEBERFUNGSIAN LABORATORIUM MAYA TERHADAP HIGH ORDER THINKING SKILL (HOTS) UNTUK PENILAIAN ASPEK KOGNITIF PEMBELAJARAN FISIKA KELAS XI SMA NEGERI 1 REMBANG] PDF (PENGARUH KEBERFUNGSIAN LABORATORIUM MAYA TERHADAP HIGH ORDER THINKING SKILL (HOTS) UNTUK PENILAIAN ASPEK KOGNITIF PEMBELAJARAN FISIKA KELAS XI SMA NEGERI 1 REMBANG) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Kata Kunci: Laboratorium Maya, Rumah Belajar, Fisika, High Order Thinking Skill, SMA Negeri 1 Rembang Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) menjelaskan pengaruh penggunaan Laboratorium maya terhadap High Order Thinking Skill (HOTS) dalam pembelajaran Fisika kelas XI SMAN 1 Rembang, dan (2) menjelaskan keberfungsian Laboratorium Maya dalam pembelajaran Fisika kelas XI SMAN 1 Rembang. Pembelajaran menggunakan Laboratorium Maya mengembangkan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa saat proses pembelajaran. Dalam pembelajaran ini, guru membimbing siswa melakukan kegiatan laboratorium dan diskusi mengenai materi yang dipelajari. Sehubungan dengan hal tersebut, maka pembelajaran menggunakan Laboratorium Maya berpengaruh positif terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan quasi eksperimental dengan bentuk desain nonequivalent control group . Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Rembang tahun pelajaran 2019/2020. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling yaitu teknik pengambilan sampel dimana setiap kelas memiliki kesempatan yang sama untuk dijadikan sampel. Masing-masing kelas XI IPA 3 dan XI IPA 4 dipilih sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data diperoleh dengan metode tes dan non tes yang dianalisis dengan independent sample t-test, uji N-Gain, dan kategori hasil angket. Hasil penelitian yang didapatkan yaitu terdapat pengaruh positif penggunaan Laboratorium maya terhadap High Order Thinking Skills (HOTS) siswa untuk aspek kognitif kelas XI SMA N 1 Rembang. Hal tersebut dibuktikan dengan perhitungan statistik uji t dengan hasil t-hitung 3.268 > t tabel = 2.00172, dan sig. = 0.002 < 0.05, serta adanya perbedaan rerata dengan selisih 6.833. Kemudian keberfungsian Laboratorium Maya ditinjau dari hasil kuisioner keterlaksanaan pembelajaran yang diisi oleh siswa termasuk dalam kategori baik yaitu 73.5%, sementara keberfungsian Laboratorium Maya ditinjau dari kemampuan siswa yang diuji dengan N-Gain mencapai kriteria sedang yaitu 0.4012 .

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Laboratorium Maya, Rumah Belajar, Fisika, High Order Thinking Skill, SMA Negeri 1 Rembang
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 17 Sep 2021 14:18
Last Modified: 17 Sep 2021 14:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46479

Actions (login required)

View Item View Item