PENGARUH METODE MNEMONIK TERHADAP KEMAMPUAN MENGINGAT PADA MATA PELAJARAN IPS DI MTS NU UNGARAN


Putri Sekarwati, 1102415084 (2020) PENGARUH METODE MNEMONIK TERHADAP KEMAMPUAN MENGINGAT PADA MATA PELAJARAN IPS DI MTS NU UNGARAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH METODE MNEMONIK TERHADAP KEMAMPUAN MENGINGAT PADA MATA PELAJARAN IPS DI MTS NU UNGARAN] PDF (PENGARUH METODE MNEMONIK TERHADAP KEMAMPUAN MENGINGAT PADA MATA PELAJARAN IPS DI MTS NU UNGARAN) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (19MB) | Request a copy

Abstract

Kata Kunci: Metode Mnemonik, Kemampuan Mengingat Pengamatan sebelum penelitian ditemukan pada saat pembelajaran berlangsung ada sebagian siswa yang berbicara dengan teman sebangku dan ada siswa yang tertidur serta adanya siswa yang menyandarkan kepala diatas meja, ditemukan pula beberapa siswa memiliki kesulitan dalam mengingat materi pembelajaran disebabkan karena siswa merasa penyampaian materi kurang menarik dan kurang menyenangkan dan evaluasi ulangan harian, ditemukan sebagian siswa belum mencapai KKM. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian yaitu untuk mengetahui kemampuan mengingat siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dan mengetahui pengaruh metode mnemonik terhadap kemampuan mengingat siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Desain quasi experiment. Analisis data penelitian menggunakan analisi hipotesis uji t. Hasil penelitian menunjukan Kemampuan mengingat siswa pada pre tes dengan rata-rata 52 dan meningkat pada pos tes sebesar 79,8. untuk kelas kontrol pada pre test memiliki nilai 52,4 meningkat menjadi 76,3 pada pos tes. Ada pengaruh metode mnemonik terhadap kemampuan mengingat siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dengan t hitung (4,120) > t tabel (2,023). Saran penelitian yakni ditemukan masih ada siswa yang kesulitan dalam mencari kata kunci pokok pada materi pembelajaran, sehingga diharapkan kepada siswa lebih aktif untuk berkonsultasi dengan guru dalam menentukan kata kunci materi yang sedang dipelajari. disarankan kepada guru untuk memberikan data kata kunci pada materi yang terkait pada pembelajaran serta dapat memberikan petunjuk yang jelas dalam menggunakan kata kunci. Hasil penelitian ditemukan masih adanya kekurangan yakni pada penggunaan media yang masih menggunakan media yang sederhana dalam pembelajaran, sehingga diharapkan untuk penelitian selanjutnya untuk menggunakan media pembelajaran yang lebih menarik perhatian siswa misalnya menggunakan bantuan media video animasi

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Metode Mnemonik, Kemampuan Mengingat
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 17 Sep 2021 14:11
Last Modified: 17 Sep 2021 14:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46478

Actions (login required)

View Item View Item