IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN IPS BERBASIS KEARIFAN LOKAL DI SMP NEGERI 2 JATINOM KABUPATEN KLATEN
Syarifah Niken Purnani, 3601416011 (2020) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN IPS BERBASIS KEARIFAN LOKAL DI SMP NEGERI 2 JATINOM KABUPATEN KLATEN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Pembelajaran dan kearifan lokal merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Sudah menjadi keharusan bahwa Guru harus mampu mengintegrasikan kearifan lokal dalam proses pembelajaran agar tercipta pembelajaran yang kontesktual. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui pembelajaran IPS berbasis kearifan lokal di SMP N 2 Jatinom, (2) Mengetahui penanaman nilai kearifan lokal dalam pembelajaran IPS di SMP N 2 Jatinom, (3) Menganalisis kendala dalam pembelajaran IPS berbasis kearifan lokal pada SMP N 2 Jatinom. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan catatan lapangan. Sumber data diperoleh dari sumber data primer dan sekunder. Uji validitas dalam penelitian menggunakan triangulasi dan teknik analisis data terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pembelajaran IPS dengan memanfaatkan kearifan lokal sebagai sumber belajar yang dilakukan oleh Guru mampu menciptakan pembelajaran yang kontekstual, dalam pembelajaran Guru menekankan kemampuan pemanfaatan potensi kearifan lokal guna memenuhi kebutuhan. Tahap pembelajaran mencakup perencanaan, pelaksanaan maupun evaluasi pembelajaran yang dilakukan oleh Guru tidak lepas dari pemanfaatan unur kearifan lokal di dalamnya, adapun kearifan lokal yang dimanfaatkan dalam pembelajaran meliputi pasar legen, pasaran, candi merak, ya qowiyyu dan festival durian. (2) Nilai kearifan lokal yang ditanamkan dalam pembelajaran IPS berupa nilai etika, nilai sosial, dan nilai religius, sedangkan di luar pembelajaran dilakukan melalui program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) berbasis budaya sekolah. (3) Kendala yang ditemukan Guru dalam pembelajaran berupa kendala eksternal dan internal. Saran yang diberikan penulis untuk Guru IPS hendaknya menyisipkan penanaman kearifan lokal dalam rencana pembelajaran, menggunakan model pembelajaran yang lebih bervariatif seperti outdoor study. Untuk siswa hendaknya mengimplementasikan nilai kearifan lokal dan berpartisipasi penuh dalam program Pendidikan Penguatan Karakter (PPK) berbasis budaya sekolah. Dan untuk SMP N 2 Jatinom hendaknya memaksimalkan manajemen pelaksanaan Pendidikan Penguatan Karakter (PPK) berbasis budaya sekolah dengan memiliki catatan dan dokumentasi dalam setiap program yang dilaksanakan.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kearifan Lokal, Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal, IPS |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, S1 |
Depositing User: | dina nurcahyani perpus |
Date Deposited: | 17 Sep 2021 03:02 |
Last Modified: | 17 Sep 2021 03:02 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46473 |
Actions (login required)
View Item |