EFEKTIVITAS PEMANFAATAN POSTER CANDI NGEMPON SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS PADA MATERI PENINGGALAN-PENINGGALAN MASA HINDU-BUDDHA KELAS VII DI SMP NEGERI 1 BERGAS


Safitri, 3601416036 (2020) EFEKTIVITAS PEMANFAATAN POSTER CANDI NGEMPON SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS PADA MATERI PENINGGALAN-PENINGGALAN MASA HINDU-BUDDHA KELAS VII DI SMP NEGERI 1 BERGAS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Skripsi_Safitri 3601416036 - Safitri 01.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Efektivitas merupakan suatu ukuran yang menyatakan seberapa jauh target baik kuantitas, kualitas maupun waktu yang telah tercapai. Salah satu strategi yang dapat dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan peserta didik serta mencapai tujuan pembelajaran IPS yakni dengan cara memanfaatkan sumber belajar dengan baik, Alat�alat yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar yang berkaitan dengan sejarah adalah situs. Situs Candi Ngempon merupakan salah satu situs Candi bercorak Hindu yang terdapat di lingkungan SMP Negeri 1 Bergas, yakni di Kelurahan Ngempon, Kecamatan Bergas. Kabupaten Semarang, sehingga selayaknya Situs Candi Ngempon dapat dimanfaatakan sebagai sumber belajar yang dapat dimanfaatakan oleh guru dalam mencapai target keberhasilan suatu pembelajaran yang berkaitan dengan materi peninggalan-peninggalan masa Hindu-Buddha. Tujuan dilakukannya penelitian ini yakni untuk mengetahui kefektifan pemanfatan poster Candi Ngempon sebagai sumber belajar IPS di SMP Negeri 1 Bergas. Metode dalam penelitian ini yakni kuantitatif, dengan jenis penelitian eksperimen yang mengacu pada penelitian pre test and pos test group, Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling (penyampelan secara acak). Hasil dari penelitian ini yaitu pemanfaatan poster Candi Ngempon sebagai sumber belajar IPS efektif diterapkan, dengan hasil aktivitas belajar peserta didik yaitu sebanyak 9,67 % termasuk dalam kriteria cukup, 61,29% termasuk dalam kriteria tinggi, dan 29,03% dalam kategori sangat tinggi. Hasil belajar kognitif peserta didik tinggi setelah diberikan treatment, yakni 15 peserta didik mampu mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), dengan nilai tertinggi yang diperoleh yakni 92 dan nilai terendah yang diperoleh peserta didik yakni 56, dengan rata-rata nilai 73,73. Serta respon peserta didik yang tergolong tinggi,yaitu dengan hasil analisis respon peserta didik sebanyak 16,12% sangat baik, 74,19% baik dan hanya 9,67% yang termasuk dalam kriteria cukup.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Situs Candi Ngempon, Sumber Belajar IPS, Efektivitas.
Subjects: D History General and Old World > DS Asia > Indonesian History
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 17 Sep 2021 02:51
Last Modified: 17 Sep 2021 02:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46471

Actions (login required)

View Item View Item