KUALITAS SYAL MENGGUNAKAN BENANG KATUN DENGAN TEKNIK CROCHET


Putri Supriyati, 5401414024 (2020) KUALITAS SYAL MENGGUNAKAN BENANG KATUN DENGAN TEKNIK CROCHET. Under Graduates thesis, Univeristas Negeri Semarang.

[thumbnail of KUALITAS SYAL MENGGUNAKAN BENANG KATUN DENGAN TEKNIK CROCHET] PDF (KUALITAS SYAL MENGGUNAKAN BENANG KATUN DENGAN TEKNIK CROCHET)
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

tangan yang dilakukan secara manual, bersifat eksklusif dan mempunyai nilai yang jauh lebih tinggi. Peneliti berkreasi membuat produk menggunakan teknik crochet yaitu syal. Syal dibuat tiga bentuk menggunakan benang rajut katun. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kualitas syal menggunakan benang katun dengan teknik crochet. Penelitian ini berlangsung di Prodi Pendidikan Tata Busana Jurusan PKK, Fakultas Teknik, UNNES. Populasi penelitian ini adalah Mahasiswa Pendidikan Tata Busana Angkatan 2013, 2014, 2015, 2016, yang masih aktif sejumlah 109 orang, yang telah menempuh Mata Kuliah Teknik Buat Kain. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportionate stratified random sampling sebesar 52 mahasiswa. Variabel penelitian menggunakan variabel tunggal yaitu kualitas syal. Metode pengumpulan data menggunakan lembar pengamatan produk. Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif persentase. Hasil keseluruhan penelitian oleh panelis yaitu syal persegi memperoleh hasil 87,58%, syal persegi panjang memperoleh hasil 87,42%, syal segitiga memperoleh hasil 87,48%. Simpulan hasil penelitian yaitu kualitas hasil syal menggunakan benang katun dengan teknik crochet termasuk dalam kriteria sangat tinggi, sehingga ketiga produk syal dinyatakan berkualitas. Saran dari penelitian ini yaitu produk syal bentuk persegi panjang memiliki persentase paing rendah, untuk penelitian selanjutnya perlu diperhatikan lagi ukuran dan bentuk syal persegi panjang yang sesuai dengan desain dan kriteria penilaian.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Syal, Benang Katun, Teknik Crochet
Subjects: T Technology > TY Pendidikan Kesejahteraan Keluarga > TY3 Tata Busana S1
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana, S1
Depositing User: Abadi M. Kholid Baror
Date Deposited: 16 Sep 2021 07:51
Last Modified: 16 Sep 2021 07:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46458

Actions (login required)

View Item View Item