PRARANCANGAN MENARA DISTILASI PADA PABRIK ETIL AKRILAT DENGAN PROSES ESTERIFIKASI ASAM AKRILAT DAN ETANOL MENGGUNAKAN KATALIS ASAM SULFAT KAPASITAS 30.000 TON PER TAHUN


CHIKA AGNES PALUPI, 5213416035 (2020) PRARANCANGAN MENARA DISTILASI PADA PABRIK ETIL AKRILAT DENGAN PROSES ESTERIFIKASI ASAM AKRILAT DAN ETANOL MENGGUNAKAN KATALIS ASAM SULFAT KAPASITAS 30.000 TON PER TAHUN. Under Graduates thesis, Univeristas Negeri Semarang.

[thumbnail of PRARANCANGAN MENARA DISTILASI PADA PABRIK ETIL AKRILAT DENGAN PROSES ESTERIFIKASI ASAM AKRILAT DAN ETANOL MENGGUNAKAN KATALIS ASAM SULFAT KAPASITAS 30.000 TON PER TAHUN] PDF (PRARANCANGAN MENARA DISTILASI PADA PABRIK ETIL AKRILAT DENGAN PROSES ESTERIFIKASI ASAM AKRILAT DAN ETANOL MENGGUNAKAN KATALIS ASAM SULFAT KAPASITAS 30.000 TON PER TAHUN)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Peran strategis industri dalam pembangunan ekonomi nasional tercermin dari dampak kegiatan ekonomi sektor riil bidang industri. Salah satu bagian industri yang berkembang pesat adalah industri kimia. Industri kimia ini mengolah dan memproduksi bahan baku menjadi bahan setengah jadi maupun bahan jadi yang memiliki nilai ekonomis lebih tinggi melalui serangkaian proses kimia yang siap untuk dipasarkan. Salah satu pembangunan pabrik yang terus berkembang di bidang petrokimia adalah etil akrilat. Pabrik Etil Akrilat ini dirancang dengan kapasitas 30.000 ton/tahun. Bahan baku yang dibutuhkan adalah asam akrilat sebesar 24.000 ton/tahun, etanol sebesar 16,866,67 ton/tahun, dan katalis asam sulfat 1226 ton/tahun. Produk yang dihasilkan berupa Etil Akrilat dengan kemurnian 99,5%. Lokasi pabrik direncanakan di Krakatau Industrial Estate Cilegon (KIEC), Kota Cilegon. Pabrik Etil Akrilat ini beroperasi 24 jam selama 320 hari per tahun. Peralatan proses yang digunakan antara lain tangki penyimpanan, pompa, mixer, heat exchanger, reaktor, dekanter, menara distilasi dan expansion valve. Unit pendukung proses didirikan untuk menunjang proses produksi yang terdiri dari unit penyediaan air, steam, tenaga listrik, penyediaan bahan bakar, serta unit pengolaan limbah. Agar mutu bahan baku dan kualitas produk tetap terkendali, maka keberadaan laboratorium sangat diperlukan. Bentuk perusahaan adalah Perseroan Terbatas (PT) dengan struktur organisasi line and staff. Sistem kerja karyawan berdasarkan pembagian jam kerja yang terdiri dari karyawan shiff dan non shift. Menara distilasi memiliki prinsip kerja yaitu mampu memisahkan campuran multikomponen berdasarkan perbedaan titik didih. Senyawa yang memiliki titik didih lebih rendah akan menguap terlebih dahulu dan menjadi produk atas Menara distilasi sedangkan titid didih yang tinggi akan menjadi produk bawah Menara distilasi. Menara distilasi yang digunakan adalah jenis sieve tray tower. Bahan prarancangan Menara distilasi adalah Carbon Steel SA-285 Grade A, diameter menara 2,5717 m, tinggi menara 9,4784 m, jumlah plate 57 buah dengan tray spacing 0,15 m, tebal shell 0,25 in dan tebal head 0,3125 in.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: Q Science > QD Chemistry > Chemical Engineering
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Kimia, S1
Depositing User: Abadi M. Kholid Baror
Date Deposited: 16 Sep 2021 07:13
Last Modified: 16 Sep 2021 07:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46447

Actions (login required)

View Item View Item