KELAYAKAN PRODUK TAS DENGAN PENGAPLIKASIAN TEKSTUR TAKTIL TEKNIK IKAT CELUP


Winda Yuliana, 5401415001 (2020) KELAYAKAN PRODUK TAS DENGAN PENGAPLIKASIAN TEKSTUR TAKTIL TEKNIK IKAT CELUP. Under Graduates thesis, Univeristas Negeri Semarang.

[thumbnail of KELAYAKAN PRODUK TAS DENGAN PENGAPLIKASIAN TEKSTUR TAKTIL TEKNIK IKAT CELUP] PDF (KELAYAKAN PRODUK TAS DENGAN PENGAPLIKASIAN TEKSTUR TAKTIL TEKNIK IKAT CELUP)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Tas pada umumnya digunakan untuk membawa barang, selain itu tas juga untuk memperindah penampilan. Perkembangan tekstil sebagai salah satu bahan baku tas menjadi tantangan bagi pengrajin tekstil untuk berinovasi. Salah satu inovasi tekstil yakni dengan memanfaatkan teknik ikat celup untuk menghasilkan tekstur taktil. Peneliti berinisiatif untuk membuat produk tas dengan pengaplikasian tekstur taktil teknik ikat celup. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui kelayakan produk tas dengan pengaplikasian tekstur taktil teknik ikat celup. Metode penelitian yang digunakan adalah Metode penelitian kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini adalah variabel tunggal. Populasi dalam penelitian ini diambil dari mahasiswa Pendidikan Tata Busana 2016 dan 2017 Universitas Negeri Semarang yang menempuh Mata Kuliah Pelengkap Busana. Teknik sampel yang digunakan adalah Simple Random Sampling. Metode pengambilan data adalah observasi dengan lembar pengamatan yang diberikan kepada 33 responden. Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan produk tas dengan pengaplikasian tekstur taktil teknik ikat celup memperoleh hasil persentase 91,62% yang dikategorikan sangat layak, sehingga tekstur taktil teknik ikat celup dapat diaplikasikan pada produk tas. Simpulan: produk tas dengan pengaplikasian tekstur taktil teknik ikat celup dikategorikan sangat layak berdasarkan indikator dari desain, bahan baku, kegunaan barang, daya tahan, dan proses pembuatan. Saran: Ditinjau dari hasil penilaian keseluruhan produk tas tekstur taktil, hasil persentase paling rendah yaitu indikator daya tahan pada aspek kekuatan pegangan tas, maka disarankan pada kain sebagai pengait pegangan tas kain perlu diberi pelapis dan pastikan jahitan kuat. Untuk penelitian selanjutnya agar menggunakan perbandingan air dan obat plisket yang berbeda, melakukan waktu durasi pencelupan yang berbeda serta agar dapat menciptakan tekstur taktil dengan menggunakan teknik lainnya untuk diaplikasikan pada produk busana maupun pelengkap busana.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kelayakan Produk Tas, Tekstur Taktil, Teknik Ikat Celup
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
T Technology > TY Pendidikan Kesejahteraan Keluarga > TY3 Tata Busana S1
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana, S1
Depositing User: Abadi M. Kholid Baror
Date Deposited: 16 Sep 2021 07:03
Last Modified: 16 Sep 2021 07:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46443

Actions (login required)

View Item View Item