PENGARUH PENGGUNAAN OIL COOLER TERHADAP TEMPERATUR DAN DAYA MESIN HONDA VERZA 2017


Ahmad Nur Solikin, 5202413089 (2019) PENGARUH PENGGUNAAN OIL COOLER TERHADAP TEMPERATUR DAN DAYA MESIN HONDA VERZA 2017. Under Graduates thesis, Univeristas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH PENGGUNAAN OIL COOLER TERHADAP TEMPERATUR DAN DAYA MESIN HONDA VERZA 2017] PDF (PENGARUH PENGGUNAAN OIL COOLER TERHADAP TEMPERATUR DAN DAYA MESIN HONDA VERZA 2017)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Ahmad Nur Solikin. 2019. Pengaruh Pengguaan Oil Cooler Terhadap Temperatur dan Daya Mesin Honda Verza 2017. Skripsi. Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang. Prof. Drs. Supratono, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemasangan oil cooler terhadap daya mesin Honda Verza 2017 dan terhadap temperature oli mesin Honda Verza 2017. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen. Data hasil penelitian menggunakan analisis statistik deskriptif yaitu dengan cara mendeskripsikan atau menggambarkan data yang telah terkumpul setelah diberikan perlakuan selama penelitian, dengan penyajian data berupa tabel, grafik dan perhitungan rata-rata. Pada pengujian ini digunakan alat Dyno test untuk mengetahui torsi dan daya yang dihasilkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan oil cooler dengan mesin standart pabrik (bawaan pabrik) meinngkatkan torsi dan daya pada sepeda motor. Namun rata kenaikan torsi dan daya tidak terlalu besar, hanya sebesar 0,2 – 0,5 HP. Perubahan yang sangat signifikan justru ada pada temperature oli sehingga membuat daya dan torsi stabil. Rata – rata penurunan temperature pada oli yaitu 15oC jika dibandingkan dengan temperature normal (bawaan pabrik).

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Oil Cooler, temperatur, torsi, daya
Subjects: L Education > Special Education > Automotive Education
L Education > Special Education > Automotive Education
L Education > Special Education > Automotive Education
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif, S1
Depositing User: Abadi M. Kholid Baror
Date Deposited: 16 Sep 2021 06:22
Last Modified: 16 Sep 2021 06:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46433

Actions (login required)

View Item View Item