KELAYAKAN LIMBAH PLASTIK UNTUK PEMBUATAN HAND BOUQUET PENGANTIN INTERNASIONAL


Dita Pangesti Laksaningrum, 5402415042 (2020) KELAYAKAN LIMBAH PLASTIK UNTUK PEMBUATAN HAND BOUQUET PENGANTIN INTERNASIONAL. Under Graduates thesis, Univeristas Negeri Semarang.

[thumbnail of KELAYAKAN LIMBAH PLASTIK UNTUK PEMBUATAN HAND BOUQUET PENGANTIN INTERNASIONAL] PDF (KELAYAKAN LIMBAH PLASTIK UNTUK PEMBUATAN HAND BOUQUET PENGANTIN INTERNASIONAL)
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Sampah plastik merupakan sampah yang paling sulit terurai. Limbah sendok plastik dan botol plastik yang tidak terpakai dapat diolah menjadi aksesoris seperti hand bouquet Pengantin Internasional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan produk hand bouquet pengantin Internasional dari limbah plastik dengan uji inderawi dan uji kesukaan. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi serta dokumentasi. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket berupa uji inderawi dan uji kesukaan. Validitas produk diperoleh berdasarkan hasil dari penilaian produk hand bouquet dari limbah plastik yang dinilai oleh 3 validator dengan indikator berdasarkan bentuk, kerapian, kekuatan, warna, dan hasil akhir. Uji inderawi pada penelitian ini dilakukan oleh 3 panelis ahli dengan indikator kerapian, kekuatan, warna, dan hasil akhir. Uji kesukaan oleh 15 orang responden dengan indikator bentuk, kesesuaian, kekuatan, warna, dan kenyamanan.Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu deskriptif persentase. Hasil validitas menunjukkan bahwa semua produk mendapatkan kriteria sangat valid dengan nilai tertinggi diperoleh produk B (Round bouquet) dengan nilai validitas 85%, sedangkan nilai terendah diperoleh produk C (Cascade bouquet) dengan nilai validitas 73,3%. Hasil uji inderawi menunjukkan seluruh produk sangat layak dengan rata-rata nilai 95,5%, sedangkan hasil uji kesukaan menujukkan seluruh produk termasuk kategori sangat suka dengan rata-rata nilai 83,47%. Simpulan: Berdasarkan validasi produk yang telah diperoleh dari tiga orang ahli, produk dinyatakan sangat valid dan sangat layak dengan indikator bentuk, kerapian, kekuatan, warna, dan hasil akhir. Saran: Perlu adanya kreativitas dalam menghasilkan warna yang natural untuk daur ulang bahan limbah plastik dan diharapkan adanya pengembangan lebih lanjut terhadap pengolahan limbah plastik khususnya limbah sendok plastik dan botol plastik untuk karya seni dibidang kecantikan lainnya seperti aksesoris dan dekorasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Limbah plastik, Hand bouquet, Pengantin Internasional
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Kecantikan, S1
Depositing User: Abadi M. Kholid Baror
Date Deposited: 16 Sep 2021 06:12
Last Modified: 16 Sep 2021 06:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46431

Actions (login required)

View Item View Item