Efektifitas Layanan Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Bumijawa Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2006/2007.


FERI KRISTANTI , 1301402042 (2007) Efektifitas Layanan Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Bumijawa Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2006/2007. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Efektifitas Layanan Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Bumijawa Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2006/2007.]
Preview
PDF (Efektifitas Layanan Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Bumijawa Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2006/2007.) - Published Version
Download (16kB) | Preview

Abstract

Kristanti, Feri. 2007. Efektifitas Layanan Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Bumijawa Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2006/2007. Skripsi. Jurusan Bimbingan dan Konseling.Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Drs. Imam Tadjri, M. Pd. dan Pembimbing II Dra. Awalya, M. Pd. Menumbuhkan dan meningkatkan kepercayaan diri adalah sangat penting hal ini dikarenakan kepercayaan diri merupakan aspek yang sangat berpengaruh terhadap kepribadian siswa. Oleh sebab itu, siswa harus memiliki kepercayaan diri yang tinggi agar dapat mengembangkan potensi yang dimiliki seoptimal mungkin untuk menghadapi zaman yang semakin modern ini. Hasil pengamatan awal di SMP Negeri 1 Bumijwa kelas VIII menunjukan bahwa terdapat fenomena yang menggambarkan ada kecenderungan belum semua siswa memiliki kepercayaan diri yang tinggi seperti yang diharapkan. Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah mengetahui secara empiris kepercayaan diri siswa sebelum dan sesudah diberi layanan bimbingan kelompok dan mengetahui efektifitas layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bumijawa Kabupaten Tegal tahun pelajaran 2006/2007. Jenis Penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bumijawa Kabupaten Tegal tahun pelajaran 2006/2007 yang berjumlah 156 siswa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 15 siswa yang diambil dengan menggunakan teknik Purpossive Sampling. Variabel dalam penelitian ini yaitu bimbingan kelompok sebagai variabel bebas dan kepercayaan diri siswa sebagai variabel terikat. Metode pengumpulan data dengan menggunakan skala psikologis dan alatnya adalah skala kepercayaan diri. Uji Validitas data menggunakan rumus product moment sedangkan uji reliabilitasnya menggunakan rumus alpha. Analisis data yang digunakan untuk membuktikan hipotesis adalah Uji Wilcoxon, karena datanya berskala ordinal (berjenjang) dan tidak harus berdistribusi normal. Dari perhitungan diperoleh deskripsi tingkat kepercayaan diri siswa sebelum mendapat layanan bimbingan kelompok memiliki skor rata-rata 271,1 dan setelah mendapat layanan bmbingan kelompok memiliki skor 358,6. Jadi ada peningkatan sebesar 87,5. Dari hasil perhitungan Uji Wilcoxon diperoleh data nilai Zhitung=4,10, sedang nilai Ztabel=1,96. Jadi nilai Zhitung >Ztabel. Hal ini berarti bahwa layanan bimbingan kelompok efektif untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bumijawa Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2006/2007. Oleh karena itu, dari hasil penelitian ini diharapkan guru pembimbing di SMP Negeri 1 Bumijawa Kabupaten Tegal dapat melaksanakan kegiatan layanan bimbingan kelompok secara efektif untuk meningkatkan dan mengembangkan kepercayaan diri siswa secara optimal. Dan hendaknya para siswa dapat lebih memanfaatkan layanan bimbingan kelompok agar siswa agar dapat meningkatkan kepercayaan dirinya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 26 Sep 2011 06:21
Last Modified: 26 Sep 2011 06:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/4643

Actions (login required)

View Item View Item