VIDEO PEMBELAJARAN DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI SISTEM EKSKRESI UNTUK MELATIH MINAT BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS


Grisselda Vania Putri, 4001416054 (2021) VIDEO PEMBELAJARAN DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI SISTEM EKSKRESI UNTUK MELATIH MINAT BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of VIDEO PEMBELAJARAN DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI SISTEM EKSKRESI UNTUK MELATIH MINAT BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS] PDF (VIDEO PEMBELAJARAN DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI SISTEM EKSKRESI UNTUK MELATIH MINAT BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video pembelajaran dengan model discovery learning pada materi sistem ekskresi untuk melatih minat belajar dan keterampilan berpikir kritis. Pengambilan data diambil di SMP Negeri 2 Karanganyar Demak. Analisis data yang digunakan adalah data hasil post-test, lembar angket minat belajar, lembar observasi minat belajar, lembar validasi pakar, dan angket tanggapan peserta didik terhadap media. Metode yang dipakai untuk mencapai tujuan adalah menggunakan penelitian pengembangan yang diarahkan untuk mengembangkan desain video pembelajaran dengan model discovery learning. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa desain video pembelajaran dengan model discovery learning layak digunakan dalam penelitian dengan perolehan skor dari pakar materi dengan rata-rata sebesar 90,6% dan dari pakar media dengan rata-rata sebesar 94,9% yang termasuk dalam kategori sangat layak. Selain itu ketrampilan berpikir kritis dan minat belajar peserta didik dinilai sangat baik karena telah mencapai KKM dan mendapat skor presentase perindikator di atas 88%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa video pembelajaran dengan model discovery learning layak dan efektif untuk digunakan sebagai sarana melatih kemampuan berpikir kritis dan minat belajar peserta didik. Video pembelajaran ini juga mendapatkan respon yang sangat baik dari peserta didik dengan rata-rata di atas 93%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Discovery Learning,Kemampuan Berpikir Kritis
Subjects: L Education > Special Education > Education of Natural Science
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 16 Sep 2021 06:02
Last Modified: 16 Sep 2021 06:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46427

Actions (login required)

View Item View Item